Menghilangkan Mata Ikan

Apakah Mata Ikan Hanya Bisa Dihilangkan dengan Operasi?

Memiliki mata ikan di kaki itu hal yang sangat menjengkelkan. Apalagi jika posisinya berada di telapak kaki. Anda bisa saja tidak nyaman saat berjalan. Ada rasa sakit setiap kali telapak kaki Anda menapak ke tanah. Meskipun Anda sudah menggunakan sepatu atau sandal yang empuk, sensasi perih dan sakit itu tetap terasa.

 

Untuk sementara waktu, Anda bisa gunakan Hansaplast Plester Luka untuk melunakkan serta mengurangi tekanan. Tujuan awalnya sebenarnya untuk mengurangi rasa sakit. Akan tetapi, bagaimanapun juga, itu bukan cara yang paling tepat. Anda harus berupaya untuk menghilangkan mata ikan di kaki.

 

Bagaimana caranya? Ada yang menyarankan agar Anda melakukan operasi. Ini semacam prosedur medis di mana mata ikan dipotong. Namun, apakah operasi ini benar-benar diperlukan? Berapa biaya yang harus Anda keluarkan? Apakah aman operasi seperti ini? Apakah ada jaminan mata ikan akan hilang selamanya?

 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut selalu ditanyakan oleh orang yang memiliki masalah mata ikan. Mungkin, Anda juga memiliki pertanyaan yang sama di benak Anda.

 
Kembali ke atas

Apakah Operasi Mata Ikan Diperlukan?

Jawabannya bisa ya dan juga bisa tidak. Dan Anda bisa membuat keputusan sendiri setelah Anda tahu penjelasan lengkapnya.

 

Mata ikan merupakan kondisi di mana bagian luar dari kulit mengalami penebalan. Ini sebenarnya respon kulit yang ingin memproteksi kulit bagian dalam agar tidak mengalami luka atau pendarahan. Gesekan dan tekanan yang terus menerus didapatkan membuat kulit bagian luar menebak. Muncullah mata ikan.

 

Ada sensasi sakit ketika mata ikan ini ditekan atau digesek. Itu disebabkan masih ada sel yang terhubung dengan kulit. Makanya, diperlukan cara untuk mematikan sel tersebut sebelum akhirnya mata ikan diangkat. Dan prosedur ini hanya bisa dilakukan oleh para ahli medis. Mereka tahu bagaimana cara melakukan operasi mata ikan dan pasien tidak merasa kesakitan.

 

Namun, perlukah hal tersebut? Sebenarnya, dari pihak medis sendiri mengatakan cara ini sebagainya dijadikan sebagai opsi yang terakhir. Artinya, harus ada upaya lain untuk menghilangkan mata ikan selain operasi. Kecuali jika mata ikan yang Anda alami sudah cukup lama dan parah. Dan sepertinya Anda tidak tahan lagi dengan rasa sakit yang Anda alami setiap kali melangkah. 

 

Jadi, apakah Anda harus menjalani operasi mata ikan? Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Ini tergantung pada keputusan Anda. Biasanya, keputusan tersebut diambil dengan melihat faktor-faktor tertentu, terutama faktor seberapa parah mata ikan yang Anda alami. Selain itu, faktor lokasi mata ikan juga berpengaruh. Jika mata ikan berada di bagian jari kaki pinggir, itu tidak begitu masalah. Yang menjadi masalah serius adalah ketika mata ikan berada di bagian tumit atau telapak kaki. Ini sangat menyakitkan ketika kaki digunakan untuk berjalan.

Kembali ke atas

Upaya Lain Sebelum Memutuskan Operasi Mata Ikan

Ada beberapa langkah perawatan serta pengobatan yang bisa Anda coba sendiri sebelum Anda akhirnya pergi ke rumah sakit untuk meminta dilakukan operasi mata ikan. Apa saja itu?

  1. Selalu Bersihkan dan Keringkan Kaki
    Kaki adalah bagian yang mudah sekali terkena infeksi oleh bakteri ataupun kuman. Begitu juga dengan jamur. Mikroba ini bisa membuat kaki Anda mengalami masalah, tak terkecuali mata ikan. Untuk itu, sebaiknya Anda bersihkan dan keringkan secara rutin, khususnya bagian kaki Anda yang ada mata ikannya.

  2. Tempelkan Plester Pelindung
    Sekarang, sudah ada HANSAPLAST Foot Plaster. Ini adalah plester yang cocok untuk menutup mata ikan. Bentuknya seperti plester biasa, namun mampu mengurangi tekanan dan rasa sakit serta kedap air. Ketika mata ikan sudah lunak dan saraf tidak lagi terhubung, maka mata ikan bisa dengan mudah dihilangkan.

    Ganti plester kaki ini setidaknya 1 kali dalam 2 hari.

  3. Rendam Kaki 
    Sebelum Anda mengganti plester, rendam dulu kaki Anda dengan air hangat. Ini akan melembabkan kulit serta melunakkan mata ikan. Baru kemudian Anda bisa memakaikan plester mata ikan yang baru.
Nah, itulah cara yang bisa Anda coba lakukan sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk operasi mata ikan. Semoga cara tersebut sudah cukup untuk menghilangkan mata ikan. Jadi, Anda tidak harus berada di meja operasi dan mengeluarkan banyak biaya.

 

Akan tetapi, jika cara tersebut sudah Anda lakukan dan tidak ada hasilnya, Anda bisa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jelaskan apa yang sudah Anda upayakan. Jika dokter menyarankan operasi mata ikan, Anda bisa ikuti saran tersebut. Anda tidak perlu takut karena operasi ini tidak dilakukan dengan memberikan obat bius total, melainkan hanya pembiusan lokal saja. Kemudian, mata ikan akan dipotong dan diangkat dengan menggunakan pisau bedah. 

Kembali ke atas