Perawtaan Mata Ikan di Kaki

Cara yang Tepat Menghilangkan Mata Ikan

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara menghilangkan mata ikan, Anda perlu tahu dulu apa itu kapalan. Karena dengan cara ini, Anda akan benar-benar tahu bagaimana cara mengatasi masalah kulit yang satu ini.

 

Memang benar mata ikan itu bisa menjadi obyek yang tidak sedap dipandang dan juga menyakitkan. Akan tetapi, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal tersebut karena mata ikan ini bisa dihilangkan. Di artikel ini, Anda akan belajar bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah sekaligus menghilangkan mata ikan. Serta Anda juga akan belajar bagaimana agar mata ikan tidak lagi muncul di kemudian hari.

 
Kembali ke atas

Apa Penyebab Mata Ikan di Kaki dan Jari Kaki?

Kulit itu terbentuk dari berbagai lapisan. Lapisan terluar yang disebut dengan epidermis berperan untuk memproteksi lapisan yang ada di bawahnya. Ketika kulit kaki Anda mendapatkan tekanan yang begitu keras misalnya karena Anda menggunakan sepatu yang terlalu kecil, maka epidermis akan bereaksi dengan cara menebalkan bagian kulit terluar tersebut. Inilah yang kemudian menjadi apa yang disebut dengan kapalan. Ketika tekanan tersebut terjadi pada titik bagian kaki yang sama secara terus menerus, maka kapalan akan berubah menjadi mata ikan.

 

Jadi, mata ikan memiliki bagian dasar yang sangat keras yang mengakar pada struktur kulit yang dalam dan sensitif. Makanya, ketika ditekan, Anda akan merasa kesakitan. Yang paling menyakitkan adalah ketika mata ikan tersebut mengenai saraf kulit.

 

Mata ikan sering terjadi pada jari kaki dan juga bunion – bagian yang paling sering bergesekan dengan sepatu. Akan tetapi, mata kaki juga bisa muncul di bagian telapak kaki. Ketika mata ikan ini berada di bagian sela-sela jari kaki di mana kondisinya lembab karena sering keluar keringat atau tidak sering dikeringkan, itu dinamakan dengan soft corns atau mata ikan lembut.

Kembali ke atas

Apa Perbedaan Antara Mata Ikan dan Kutil?

 

Mata ikan dan kutil itu terlihat sama. Akan tetapi, penyebabnya berbeda. Mata ikan disebabkan oleh tekanan. Sementara itu, kutil disebabkan oleh infeksi. Rasa sakit yang ditimbulkan juga berbeda. Anda akan merasakan sakit ketika mata ikan ditekan. Namun, jika Anda memiliki kutil, Anda merasakan sakit ketika kutil dicubit.

 
Kembali ke atas

Bagaimana Cara Mencegah Mata Ikan?

Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Cara terbaik untuk mencegah munculnya mata ikan adalah memastikan kaki selalu dalam kondisi yang baik. Pilih sepatu dengan ukuran yang tepat dan Anda merasa nyaman ketika memakainya. Ganti sepatu secara rutin agar tidak terjadi tekanan di satu spot di kaki. Jika jari kaki atau salah satu bagian kaki Anda terasa mendapatkan tekanan yang ada potensi munculnya mata ikan, gunakan produk yang bisa mengurangi tekanan tersebut. Misalnya saja Anda bisa gunakan HANSAPLAST Foot Plester. Ini plester yang lembut dan mampu memproteksi kulit dari tekanan, gesekan, ataupun dari munculnya mata ikan.

 
Kembali ke atas

Bagaimana Cara yang Tepat Menghilangkan Mata Ikan?

Beberapa orang menggunakan 3 langkah berikut ini untuk mengatasi rasa tidak nyaman dan juga menghilangkan mata ikan. 

  1. Bersihkan Bagian yang Ada Mata Ikannya 
    Pertama-tama, Anda harus bersihkan bagian yang ada mata ikannya. Anda bisa gunakan air hangat yang bersih untuk membersihkan area sekitar mata ikan. Hal ini berguna untuk mencegah adanya infeksi jika ada luka terbuka pada mata ikan atau sekitarnya.

  2. Rendam Kaki Anda
    Setelah 4 hari dan mata ikan semakin lunak, rendam kaki Anda dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam atau sabun. Jangan sekali-kali Anda memotong mata ikan dengan menggunakan benda yang tajam seperti pisau cukur.

  3. Lembabkan Kaki 
    Ketika mata ikan sudah berhasil dihilangkan, jaga kelembaban kaki Anda misalnya dengan mengaplikasikan krim pelembab untuk kaki. Gunakan produk ini setiap hari agar kelembaban kulit Anda terjaga serta mengurangi risiko kembalinya mata ikan di kaki Anda.
 
Kembali ke atas