Pentingnya Kotak P3K sebagai Pertolongan Pertama untuk Berbagai Kondisi

3 menit Baca
Menampilkan lebih banyak

Pentingnya Kotak P3K sebagai Pertolongan Pertama untuk Berbagai Kondisi

Luka, cedera, atau jatuh sakit bisa dialami siapa pun, kapan pun, dan di mana saja. Oleh karena itu, kotak P3K sebagai pertolongan pertama harus selalu tersedia, termasuk di rumah, di kantor, atau selama bepergian. Nah, apa aja sih yang seharusnya ada di dalam kotak P3K? 

Kamu bisa saja mengalami luka ringan secara tiba-tiba, misalnya karena teriris pisau saat memasak atau terjatuh ketika berjalan maupun berkendara. Makanya, penting untuk selalu membawa kotak P3K di mana pun kamu berada agar pertolongan pertama bisa segera diberikan. Dengan begitu, perburukan luka atau risiko terkena infeksi bisa kamu cegah. 


Beragam Isi Kotak P3K

Isi kotak P3K bisa berbeda-beda tergantung lokasi penyimpanannya, seperti di rumah, di kantor, atau di perjalanan. Selain itu, peralatan dan obat-obatan dalam kotak P3K bisa jadi tidak sama untuk setiap orang, tergantung kondisi kesehatan dan riwayat penyakit. 

Namun, kotak P3K umumya menyediakan alat dan obat untuk mengatasi kecelakaan atau penyakit ringan, seperti luka bakar ringan, luka iris, luka lecet, mual, demam, dan nyeri. Berikut ini adalah jenis kotak P3K beserta isinya:


Isi Kotak P3K di Rumah

Luka bakar, lecet, dan sayatan merupakan jenis luka yang umum dialami di rumah. Jadi, pastikan isi kotak P3K di rumah menyediakan alat dan obat-obatan untuk mengatasi kondisi tersebut, ya. Nah, isi kotak P3K di rumah adalah sebagai berikut:

  • Hansaplast plester luka reguler, seperti plester luka kain, plester luka anak-anak, plester aqua protect, dan plester transparan 
  • Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka guna membersihkan luka dan mencegah infeksi
  • Hansaplast salep luka yang membantu penyembuhan luka 2x lebih cepat
  • Hansaplast kasa steril dan Hansaplast kasa rol elastis
  • Hansaplast plester luka besar, seperti Hansaplast Aqua Protect XL+ dengan ukuran XL hingga 4 XL dan Hansaplast Sensitive XL+ dengan ukuran XL dan XXL
  • Sarung tangan lateks sekali pakai 
  • Termometer
  • Hansaplast koyo untuk meredakan pegal linu

Isi Kotak P3K di Kantor dan Selama Perjalanan

Selain di rumah, cedera maupun penyakit juga bisa dialami secara tiba-tiba ketika kamu sedang bepergian atau di kantor. Inilah yang membuat isi kotak P3K di rumah dan di kantor atau selama perjalanan sebenarnya tidak jauh berbeda. 

Namun, kotak P3K yang dibawa bepergian sebaiknya dilengkapi juga dengan obat-obatan untuk mengatasi kondisi medis tertentu yang mungkin muncul, misalnya mual, muntah, atau pusing akibat mabuk perjalanan. 

Selain itu, kalau kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, obat-obatan yang harus dikonsumsi tidak boleh dihilangkan dari isi kotak P3K, ya. 

Berikut ini adalah daftar alat dan obat yang perlu dimasukkan dalam kotak P3K di kantor dan selama perjalanan:

  • Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka guna membersihkan luka dan mencegah infeksi
  • Hansaplast salep luka yang membantu penyembuhan luka 2x lebih cepat
  • Perban
  • Hansaplast plester luka reguler, seperti plester luka kain, plester luka anak-anak, plester aqua protect, dan plester transparan
  • Losion antiserangga atau antinyamuk
  • Obat-obatan pribadi yang sedang dikonsumsi sesuai penyakit yang diderita
  • Obat maag, diare, dan alergi
  • Obat antimual
  • Obat antinyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen
  • Kantong plastik yang dilengkapi dengan klip
  • Daftar nomor telepon orang-orang penting yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat

Itulah beberapa barang yang wajib masuk ke dalam kotak P3K, baik di rumah, di kantor, maupun di perjalanan. Pastikan semuanya terkemas rapi agar kamu tidak sulit mencarinya saat dibutuhkan. Tidak perlu disimpan di wadah khusus, kok. Kamu bisa menggunakan tas kecil yang praktis dibawa ke mana-mana. 

Untuk kotak P3K di rumah, kamu bisa meletakkannya di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak tetapi mudah dijangkau orang dewasa, seperti rak paling atas atau dalam lemari yang terkunci. 

Sementara itu, kotak P3K di kantor bisa ditaruh di tempat yang mudah terlihat agar mudah ditemukan dalam kondisi darurat. Nah, kalau sedang bepergian, masukkan kotak P3K ke dalam tas yang selalu bersamamu, bukan di dalam koper. 

Tidak hanya dikemas rapi, isi kotak P3K juga harus kamu periksa kelayakannya secara teratur, setidaknya 2 kali setahun. Buanglah barang yang sudah kedaluwarsa dan gantilah dengan yang baru. Jangan pernah menggunakan barang-barang yang sudah tidak layak pakai, karena berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. 

P3K memang bisa menjadi pertolongan pertama untuk mengatasi beragam kondisi kesehatan. Namun, jika luka atau sakit yang kamu alami tidak juga membaik setelah diberikan pertolongan pertama, segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 


Baca juga

Produk Terkait