Ada banyak sekali mitos mengenai penyebab sakit punggung yang ternyata hanyalah sebuah mitos. Sayangnya, hal tersebut banyak dipercayai. Anda sebaiknya tidak begitu saja mempercayai, terutama hal yang terdengar tidak bisa diterima oleh akal sehat. 

 

Apa saja 5 mitos mengenai sakit punggung tersebut?

  1. Tidak Ada Obat Sakit Punggung 
    Setiap kasus sakit punggung membutuhkan solusi yang berbeda. Yang pasti, ada beberapa sumber referensi yang bisa dipelajari dan diterapkan oleh siapa saja yang menderita sakit punggung. Pada intinya, penderita harus proaktif dan berupaya menghilangkan rasa sakit dari sumbernya. Olahraga ringan, memperkuat otot punggung, dan beberapa tindakan lain secara efektif dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit. Semakin cepat Anda melakukan olahraga dan aktivitas harian, maka itu akan semakin baik. 

    Baca Juga : Air Dan Luka: Ketahui Tentang Air Dan Efeknya Pada Perawatan Luka!



  2. Jika tindakan ini tidak memberikan dampak positif, Anda bisa minta dokter untuk melakukan evaluasi. Rasa sakit dalam waktu yang lama bisa menguras seluruh energi Anda, membuat Anda stres, dan dapat menyebabkan efek negatif pada kesehatan psikologis dan sistem kekebalan tubuh Anda. Lupakan anggapan bahwa sakit punggung adalah cacat. Karena dengan melupakan persepsi yang salah tersebut, Anda bisa segera sembuh.

  3. Sakit Punggung Bisa Hilang Hanya dengan Cara Berbaring
    Pada cedera punggung sudah dalam tahap akut, istirahat memang bisa sangat bagus untuk meredakan nyeri. Namun, fase akut umumnya hanya berlangsung beberapa hari. Dalam jangka panjang sebenarnya berbaring merupakan aktivitas yang akan mempercepat penyembuhan dan mencegah cedera kembali dengan cara mengkalibrasi ulang otot punggung dan perut Anda. Bicarakan dengan dokter Anda tentang aktivitas yang paling sesuai untuk Anda dan sesuai dengan kondisi Anda.

    Baca Juga : Apa Itu Laserasi Dan Bagaimana Mengobatinya?



  4. Sakit Punggung Tidak Akan Anda Alami Saat Anda Aktif Bergerak
    Sayangnya, ini tidak benar. Bahkan dengan berolahraga, tidak ada jaminan Anda bisa terhindar dari sakit punggung. Bahkan olahragawan yang baik bisa menderita atau sesekali mengalami sakit punggung. Tetapi jika Anda tetap dalam kondisi yang baik, risiko nyeri di punggung bisa berkurang dan lebih jarang Anda alami. Jika nyeri terus berulang, sebaiknya Anda segera konsultasi dengan ahli medis. Secara umum, Anda disarankan untuk mengikuti program olahraga, termasuk latihan penguatan dan peregangan untuk semua kelompok otot sebagai pencegahan yang efektif terhadap sakit punggung.

  5. Sakit Punggung Membuat Anda Tidak Bisa Melakukan Kegiatan Favorit Anda Lagi
    Itu tidak benar. Sebagian besar nyeri punggung bawah tidak kronis, tetapi hanya terjadi pada jangka waktu tertentu. Jadi ini tidak lebih hanya masalah waktu sebelum akhirnya Anda melakukan upaya untuk mengatasinya. Anda harus proaktif. Semakin cepat Anda mulai bergerak lagi, semakin cepat Anda akan sembuh.

  6. Duduk Tegap Sangat Direkomendasikan.
    Tidak. Duduk tegak di kursi kantor Anda sepanjang waktu hanya akan menyebabkan hanya satu kelompok otot Anda saja yang digunakan. Sering bergerak selama bekerja merupakan cara yang tepat untuk mencegah nyeri punggung bawah.

Itulah beberapa mitos mengenai penyebab sakit punggung yang sebaiknya Anda tidak perlu yakini. Saat Anda mengalami sakit punggung, Anda harus melakukan upaya secepat mungkin. Misalnya saja Anda bisa bergerak seperti melakukan olahraga ringan untuk menguatkan otot punggung. Kurangi rasa nyeri pada punggung Anda dengan menempelkan HANSAPLAST Koyo. Anda dua jenis koyo yang bisa Anda pilih, yaitu koyo yang hangat dan panas. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan Anda.

 

Baca Juga : Apa Itu Laserasi Dan Bagaimana Mengobatinya?


Kembali ke atas