Alat P3K yang Harus Tersedia untuk Pertolongan Luka Ringan

Semoga kamu tidak bagian dari orang yang tidak memiliki alat P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). Di rumah ataupun di mobil, alat ini menjadi sangat penting ketika ada yang membutuhkan pertolongan luka ringan. 

 

Bahkan, kamu harus tahu beberapa orang yang terluka bisa terselamatkan dengan adanya P3K ini. Misalnya saja ketika terjadi kecelakaan di jalan raya. Jika kamu membawa P3K, setidaknya pendarahan yang kamu atau orang lain alami bisa dihentikan dengan alat P3K yang kamu bawa. 

 

Begitu juga ketika terjadi hal yang buruk di rumah. Misalnya saja kamu memasak dan tanpa sengaja kamu terkena pisau. Jika kamu mengalami hal tersebut, pada saat itulah kamu merasa P3K itu sangat penting.

 
Kembali ke atas

Jangan Pernah Anggap Sepele Luka Ringan

Banyak orang yang menyepelekan alat P3K ini. Hingga akhirnya tidak sedikit orang yang tidak memiliki kotak P3K, entah itu di rumah maupun di dalam mobil. Padahal, salah satu peraturan ketika kamu berkendara adalah adanya kotak P3K di dalam mobil lho.

 

Sikap menyepelekan tersebut didasari atas ketidaksadaran akan pentingnya melakukan pencegahan terhadap hal buruk. Misalnya saja luka ringan karena terkena pisau di dapur. Ini dianggap sebagai hal yang sepele. Padahal, pendarahan yang terus menerus bisa menyebabkan masalah baru, seperti pingsan karena darah tidak kunjung berhenti.

 

Sementara itu, banyak juga yang berakhir di rumah sakit. Ada efek lain yang muncul seperti tetanus atau luka yang terkena infeksi bakteri karena tidak segera ditutupi.

 

Bayangkan kamu yang berada di situasi seperti itu. kamu akan berpikir bahwasannya alat P3K itu harus kamu miliki. Sediakan satu di rumah dan satu lagi dalam kendaraan kamu. Ini langkah pencegahan agar hal yang semakin buruk tidak terjadi.

 
Kembali ke atas

Alat Pertolongan Luka Ringan yang Paling Penting

Lalu, apa saja alat pertolongan pertama pada luka ringan yang harus ada di dalam box atau kotak P3K? Berikut ini daftar alat pertolongan luka ringan yang harus kamu miliki:

  1. Obat-Obatan 

    Tentu saja tidak semua jenis obat-obatan harus kamu siapkan. Pasalnya, tidak semua obat-obatan juga bisa dengan mudah kamu beli. Ada banyak sekali obat yang hanya bisa kamu beli ketika kamu mengalami masalah kesehatan serta mendapatkan resep dari dokter.

    Dalam hal ini, obat-obatan yang bisa kamu masukkan ke dalam kotak P3K adalah obat-obatan ringan. Misalnya saja obat flu, batuk, sakit kepala, dan obat untuk mengatasi masuk angin. Obat semacam ini bisa kamu beli di apotek tanpa harus meminta resep dari dokter.

    Sebaiknya kamu perhatikan keluhan kesehatan yang sering kamu alami. Dengan itulah kamu bisa lebih bijak obat seperti apa yang harus tersedia di box P3K. Misalnya saja kamu sering mengalami maag. Masukkan obat pereda maag ke dalam box P3K mobil ataupun di rumah. 
     
  2. Pengobatan untuk Luka

    Selain obat-obatan, kamu juga harus siapkan juga alat-alat pengobatan untuk luka. Misalnya saja perban dan juga perekatnya. Perban ini sangat diperlukan untuk menghentikan pendarahan yang mungkin terjadi akibat benturan ataupun luka lainnya.

    Jika penggunaan perban terlalu sulit, kamu bisa juga gunakan plester luka Hansaplast. Ini jauh lebih mudah untuk digunakan dalam mengatasi luka. Namun, sebelum menggunakan plester Hansaplast, luka harus dibersihkan terlebih dahulu. Untuk itu, sediakan juga pembersih luka seperti kapas dan juga alkohol. Setelah luka dibersihkan, kamu bisa tempelkan plester agar darah berhenti keluar dan luka tidak terkena infeksi bakteri.

    Saat ini, ada banyak sekali pilihan plester dari Hansaplast. Ada Hansaplast dengan motif kartun yang diperuntukkan anak-anak. Sementara itu, untuk dewasa, ada plester dengan ukuran yang berbeda. kamu bisa memilih plester dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran luka. Ada juga Hansaplast dengan bahan transparan. Jika kamu tidak ingin plester terlihat, ini pilihan yang tepat. Biasanya, Hansaplast plester transparan ini digunakan di bagian tubuh yang terekspos, seperti leher, dagu, pipi, lengan, atau kaki. 

    Selain plester, masukkan juga Hansaplast Spray Antiseptik. Dengan menyemprotkan spray ini di bagian tubuh yang terluka, maka luka akan lebih mudah sembuh dan tertutup. Sehingga pendarahan bisa segera teratasi. 

  3. Alat Bantu Lain

    Selain obat-obatan dan juga alat untuk mengatasi luka, kamu juga menyiapkan alat bantu lainnya. Misalnya saja gunting untuk untuk memotong perban, kaos tangan yang steril yang biasanya terbuat dari karet, dan juga thermometer jika kamu sering mengalami demam. kamu bisa sesuaikan saja alat bantu yang perlu kamu masukkan ke dalam kotak P3K sesuai dengan keluhan kesehatan yang sering alami.

    Pastikan juga kamu memilih alat bantu yang ukurannya kecil jika kamu ingin memasukkannya ke dalam box P3K di kendaraan. Untuk alat bantu yang terlalu besar, cukup sediakan saja di rumah.
Itulah beberapa alat bantu pertolongan pertama yang harus kamu miliki. Tidak ada yang tahu kapan kamu terluka. Dan tentu saja kamu tidak ingin mengalami masalah kesehatan. Namun, risiko tersebut sangat mungkin terjadi. Untuk itu, alat ini hanya sebagai alat pertolongan pertama saja. Itupun masalah kesehatan atau luka yang kamu alami bersifat ringan.
Diharapkan, ketika kamu sudah mendapatkan pertolongan pertama saat kamu terluka atau sakit, maka ada waktu yang bisa kamu gunakan untuk memanggil bantuan medis. kamu tidak terlalu khawatir karena luka yang kamu alami sudah kamu tangani dengan alat pertolongan luka ringan yang ada di dalam kotak P3K.
 
Kembali ke atas