3 Kandungan Salep Luka yang Tepat untuk Atasi Ruam Popok

3 menit Baca
Menampilkan lebih banyak

Salah satu cara untuk mengatasi ruam popok adalah dengan mengoleskan salep luka khusus untuk bayi. Namun, penting untuk memperhatikan kandungan di dalamnya agar salep luka yang digunakan efektif meredakan ruam popok dan bonusnya kesehatan kulit buah hati bisa terjaga. 

 

Ruam popok merupakan iritasi atau peradangan yang terjadi pada kulit bayi akibat penggunaan popok yang terlalu lama dan ketat. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bercak kemerahan, kulit kering dan melepuh, serta luka lecet pada bagian paha, bokong, maupun alat kelamin bayi.

 

Ruam popok perlu segera ditangani karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga membuat bayi menjadi lebih rewel. Meski demikian, ruam popok umumnya bukan termasuk kondisi yang berbahaya dan dapat diatasi dengan pengobatan sederhana, misalnya dengan menggunakan salep luka khusus. 

Kandungan Salep Luka yang Tepat untuk Atasi Ruam Popok

Salep luka baik digunakan sebagai pengobatan awal munculnya ruam popok. Hal ini karena salep luka dapat menjaga kelembapan kulit yang teriritasi dan biasanya mengandung bahan antibakteri yang dapat mencegah terjadinya infeksi. Dengan begitu, ruam popok pada kulit bayi pun lebih mudah teratasi.

 

Selain antibakteri, salep luka yang ampuh untuk mengatasi ruam popok umumnya mengandung beberapa bahan khusus, antara lain:


Petroleum Jelly

Salep luka yang mengandung Petroleum Jelly mampu menghilangkan berbagai masalah kulit, salah satunya ruam popok pada bayi. Petroleum Jelly bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung di kulit sehingga membuat kulit tetap lembap dan mencegah memburuknya iritasi akibat ruam popok.

Selain itu, Petroleum Jelly juga mampu mengurangi gesekan langsung pada kedua sisi kulit paha yang biasanya terdampak ruam popok. Kelembapan kulit yang terjaga dan berkurangnya gesekan antar kulit tentunya dapat membantu ruam popok sembuh lebih cepat. 

 

Gliserin

Kandungan salep luka berikutnya yang dapat mengatasi ruam popok pada kulit bayi adalah gliserin. Gliserin sendiri merupakan senyawa alami yang berasal dari minyak nabati atau lemak hewani.

Hampir sama dengan Petroleum Jelly, Gliserin dalam salep khusus luka memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit yang mengalami ruam popok. Cara kerja Gliserin dalam melembapkan kulit adalah dengan menarik air dari lapisan kulit yang lebih dalam dan menguncinya di lapisan kulit terluar.  

Gliserin juga diketahui dapat membantu memberikan perlindungan pada kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka. Berkat berbagai manfaat ini, Gliserin dinilai cocok digunakan untuk mengatasi ruam popok pada kulit bayi. 

 

Panthenol

Panthenol adalah senyawa kimia yang terbuat dari asam pantotenat (vitamin B5). Senyawa Panthenol diketahui dapat melembapkan dan membantu meredakan iritasi kulit, termasuk karena ruam popok. Oleh sebab itu, kandungan ini banyak ditemukan pada produk salep luka.

Tak hanya sebagai pelembap, Panthenol juga dapat melindungi kulit bayi karena memiliki sifat antiradang. Hal tersebut membuat kandungan ini dapat mencegah atau mengatasi peradangan yang terjadi pada kulit bayi akibat ruam popok, sekaligus membantu merawat kesehatannya.

Pilihan salep luka untuk mengatasi ruam popok pada kulit bayi ada beragam dan bisa dibeli secara bebas di apotek. Namun, Anda harus memastikan bahwa salep luka yang digunakan aman untuk kulit bayi. 

Salah satu salep luka yang aman untuk bayi dan memiliki kandungan ketiga bahan di atas adalah Hansaplast Salep Luka. Kandungan dalam produk ini mampu meredakan gejala ruam popok dan mengurangi risiko timbulnya bekas luka akibat ruam popok. Alhasil, kulit bayi Anda akan kembali sehat dan ia pun kembali ceria.

Namun, jika ruam popok tidak kunjung membaik atau justru bertambah parah meski sudah dioleskan salep luka khusus, segeralah periksakan bayi Anda ke dokter agar bisa diberikan penanganan yang sesuai.

Baca juga