Luka bakar memang tidak menyenangkan, tetapi dapat terjadi dengan mudah saat memasak, saat pesta barbekyu, atau saat bekerja dengan api. Cari tahu semua yang perlu Anda ketahui tentang luka bakar dan bagaimana Anda dapat mengobatinya secara efektif.

Luka bakar dari 1 hingga 3: Ketahui berbagai tingkat luka bakar

Luka bakar tingkat pertama (dangkal): 

Ini adalah luka bakar tingkat paling ringan yang dapat Anda derita, dan hanya mengenai epidermis. Daerah yang terbakar berwarna merah, sedikit bengkak, nyeri, kering tetapi tidak melepuh. Contohnya adalah kulit terbakar matahari. Kerusakan jaringan jangka panjang akibat luka bakar ini jarang terjadi.

 

Luka bakar tingkat kedua: 

Ini melibatkan epidermis dan bagian lapisan dermis yang mendasari kulit. Seringkali luka melepuh atau terasa terbakar yang menyebabkannya. Luka bakar tampak merah, melepuh, bengkak dan nyeri.

 

Luka bakar tingkat ketiga: 

Luka bakar tingkat ketiga menghancurkan epidermis dan lapisan dermis, bahkan dapat merusak jaringan subkutan, tulang, otot, dan tendon di bawahnya. Area yang terbakar tampak putih atau hangus. Tidak ada sensasi di daerah tersebut karena ujung saraf sudah hancur.

Luka bakar
luka bakar
Kembali ke atas

Pengobatan

Anda dapat dengan mudah merasa terbakar, kemungkinan besar terkena api atau sumber panas rumah tangga, hal tersebut akan terjadi secepat kilat dan mengejutkan Anda. Lima langkah ini akan membantu Anda mengobati luka bakar secara efektif. Dalam kasus luka bakar tingkat ketiga, segera dapatkan bantuan medis. Jangan pernah mencoba mengobati sendiri luka bakar tingkat ketiga.

Lima langkah saat merawat luka bakar dan luka bakar

  1. Langkah 1

    Menjauh dari sumbernya dan mencari tempat yang aman dari bahaya terlebih dahulu: Matikan peralatan listrik, matikan api atau keluarkan air panas atau sumber panas atau api sebelum merawat korban.

  2. Langkah 2

    Dinginkan area yang terbakar atau jika tersiram air panas dinginkan dengan air dingin yang mengalir setidaknya selama sepuluh menit atau sampai rasa sakit mereda. Jangan oleskan es. Mendinginkan luka bakar dengan air diketahui dapat meredakan nyeri dan melepuh serta mengurangi pembengkakan kulit.

  3. Langkah 3

    Dalam kasus luka bakar tingkat pertama atau kedua, bersihkan luka dengan Spray Antiseptik Hansaplast untuk mencegah infeksi.

  4. Langkah 4

    Keringkan area yang terkena dengan lembut.

  5. Langkah 5

    Pada luka bakar yang telah sembuh, oleskan Hansaplast Salep Luka sekali atau dua kali sehari. Tutup dengan kain kasa longgar seperti Hansaplast Kasa Steril untuk melindungi area luka.

“Jangan pernah mengoleskan minyak atau mentega pada luka bakar atau menghilangkan apapun yang menempel pada kulit, seperti pakaian. Jika ragu, mintalah saran medis.”

Kapan harus mencari saran medis?

Bahkan untuk luka bakar tingkat pertama dan kedua, Anda harus mencari bantuan medis jika area yang terbakar luas atau jika setelah penghilang rasa sakit yang pertama di area yang terbakar kembali menunjukkan tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, panas, bengkak, nyeri, gatal atau terbakar.

 

Selanjutnya, perhatian medis diperlukan jika anak mengalami luka bakar, jika luka bakar terjadi pada bagian tubuh yang sensitif, mis. di wajah, atau jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah yang lain terkait dengan luka bakar. 

 

Untuk luka bakar tingkat tiga, Anda harus segera mencari pertolongan medis.

Kembali ke atas

SOLUSI

Anda mungkin ingin mencoba produk ini:

Spray Antiseptik Hansaplast 

Hansaplast Salep Luka

Hansaplast Kasa Steril

 

Selalu baca labelnya. Ikuti petunjuk penggunaan. Jika gejalanya menetap, hubungi dokter.

Kembali ke atas

PENCEGAHAN

Bagaimana mencegah luka bakar – beberapa tips keselamatan

Untungnya, banyak luka bakar dapat dicegah. Kebanyakan dari mereka terjadi di jantung rumah - dapur. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda membuat dapur Anda menjadi tempat yang lebih aman.

  • Selalu berada di dapur saat memasak. Jangan terganggu oleh panggilan telepon, seseorang menelepon dari ruangan lain, dll.
  • Kenakan sarung tangan oven pelindung saat mengeluarkan sesuatu dari oven panas.
  • Putar gagang panci dan wajan ke arah belakang atau tengah kompor agar tidak terbalik.
  • Jauhkan barang-barang seperti handuk piring, kantong plastik, dan baju lengan panjang dari permukaan yang panas.
  • Jangan pernah memasak sambil menggendong anak atau hewan peliharaan.
  • Jauhkan anak-anak kecil dan hewan peliharaan dari bagian depan oven atau kompor.

 

Mencegah Luka Bakar Panas

Dari sekian banyak jenis luka bakar yang bisa terjadi di rumah Anda, luka bakar mungkin yang paling tidak terduga. Anak-anak yang memiliki kulit lebih tipis dari orang dewasa lebih mungkin untuk menerima luka bakar parah dari cairan panas. Tindakan pencegahan sederhana dapat melindungi Anda dan keluarga Anda.

Kembali ke atas