Cegah Nyeri Saat Haid

Masih Sering Merasa Nyeri Saat Haid? Coba Lakukan 3 Langkah Ini

Sering merasa nyeri saat haid? Itu hal yang wajar. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu tahu bagaimana cara mengatasi nyeri haid, bukan? Karena meskipun wajar, namanya nyeri pasti mengganggu. Produktivitas menjadi berkurang, berkegiatan juga kurang nyaman, serta terkadang membuat semua kegiatan tidak efektif dikerjakan.

 

Makanya, nyeri haid tidak boleh dianggap sepele. Harus ada upaya setidaknya untuk menurunkan rasa nyeri yang Anda rasakan saat haid. Toh sebenarnya upaya yang harus Anda coba lakukan tidaklah sulit.

 
Kembali ke atas

Apa Faktor Penyebab Nyeri Haid?

Ada yang merasa iri ketika ada teman yang sama sekali tidak punya masalah ketika haid. Mereka tidak merasa nyeri sehingga tidak ada gangguan di kegiatan setiap hari.

 

Apakah itu benar? Sebenarnya, setiap wanita yang sedang haid itu merasakan nyeri. Hanya saja, kadarnya yang berbeda. Ada yang nyerinya begitu terasa sehingga terkadang membuatnya tidak nyaman beraktivitas. Namun, ada juga yang nyerinya sangat tidak terasa. 

 

Perbedaannya ada pada kontraksi otot rahim dan banyaknya hormon prostaglandin. Ini adalah hormon yang secara alamiah muncul sebelum menstruasi dimulai. Dan hormon ini pula yang memicu kontraksi otot rahim. Makanya, kurang tepat jika ada yang mengatakan ada cara mengatasi nyeri haid. Lebih tepatnya bagaimana cara mengendalikan nyeri haid agar tidak begitu terasa sakit.

 

Selain produksi hormon, rasa nyeri saat haid juga dipengaruhi oleh bagaimana otot rahim kontraksi. Ada wanita yang otot rahim tidak begitu menegang ketika kontraksi. Akibatnya, rasa nyeri hanya medium atau bahkan rasa nyeri tersebut hampir tidak terasa. Ada juga nyeri terasa hanya beberapa detik saja.

 

Untuk yang rasa nyerinya tidak begitu parah, tentu tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, bagaimana dengan Anda yang mungkin merasakan nyeri saat haid yang luar biasa? Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi nyeri saat haid. 

Kembali ke atas

3 Langkah Mengatasi Nyeri Haid

Sebenarnya, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan. Bahkan, sekarang sudah ada obat atau semacam minuman yang katanya bisa mengatasi nyeri saat haid. 

 

Mungkin Anda pernah menggunakan minuman seperti itu. Apakah ada efeknya? Ada beberapa wanita yang merasakan efek dari minum minuman semacam ini. Nyeri haid menjadi lebih ringan. Namun, tak jarang juga yang sama sekali tidak ada bedanya antara sebelum dan sesudah minum. Nyeri haid tetap saja terasa luar biasa.

 

Anda bisa coba cara lain, yaitu cara yang tanpa harus mengkonsumsi obat apapun. Selain efektif, cara ini juga cenderung lebih aman untuk dilakukan. Apa saja itu?

  1. Siap-Siap Sebelum Datang Haid
    Yang pertama adalah mempersiapkan diri. Anda pasti tahu kan siklus haid? Tentu Anda bisa menebak tanggal berapa Anda haid. Meskipun terkadang ada terlambat, Anda bisa merasakan kapan Anda akan haid.

    Saat itulah Anda harus melakukan persiapan. Misalnya saja mencoba memilih makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi. Pasalnya, makanan juga berpengaruh pada rasa nyeri saat haid lho. Ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kunyit. Atau bisa juga Anda buat wedang kunyit. Kunyit mampu membuat otot lentur sehingga tidak tegang yang menyebabkan nyeri.

    Namun, yang paling penting sebenarnya menjaga pola makan. Sekalipun Anda sudah hati-hati dalam memilih menu makanan, hal tersebut menjadi sia-sia ketika Anda kurang bagus dalam menerapkan pola makan.

  2. Hindari Kebiasaan Buruk 
    Terkadang, kebiasaan yang terlihat baik itu buruk untuk Anda yang sedang masa haid lho. Misalnya saja minum teh. Faktanya, teh bisa menyebabkan nyeri saat haid. Jadi, ketika Anda sedang haid, ganti minuman teh dengan minuman lainnya. Akan lebih baik jika Anda cari minuman yang segar agar perut Anda lebih nyaman.

  3. Redakan Nyeri 
    Selain makanan atau minuman yang masuk ke perut, Anda juga bisa melakukan cara mengatasi nyeri haid dari luar. Bagaimana caranya? Misalnya saja Anda kompres perut dengan air hangat. Cara ini sangat efektif untuk melenturkan otot perut yang kram penyebab munculnya rasa nyeri saat haid.

    Sayang, cara ini hanya bisa Anda terapkan ketika Anda sedang istirahat di rumah. Tidak mungkin Anda melakukan kompres perut saat beraktivitas, kan? Saat kram atau nyeri haid terasa padahal Anda sedang beraktivitas, Anda bisa pasang Hansaplast Koyo pada perut. 


    Hansaplast Koyo Hangat


    Koyo dari Hansaplast isi 10 lembar yang hangatnya tahan lama. Hangat yang dikeluarkan dari koyo mampu meredakan peredaran darah dan juga melenturkan otot yang tegang penyebab nyeri. Selain itu, aromanya juga menenangkan. Anda bisa memilih antara koyo yang panas dan yang hangat. Silakan Anda pilih sesuai dengan kesukaan.
Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri saat haid. Mudah untuk dilakukan, bukan?
 
Sekarang, Anda tidak perlu lagi khawatir ketika haid akan tiba. Terapkan 3 cara tersebut di atas. Selalu bawa Hansaplast Koyo di tas Anda. Karena setiap kali ada rasa nyeri, Anda bisa langsung gunakan.
 
Hansaplast Koyo ini tidak hanya untuk mengatasi nyeri haid. Ini juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi nyeri otot lainnya, seperti nyeri punggung atau nyeri pada lengan karena mengangkat beban berat. Jadi, selalu sediakan koyo di tas Anda, mulai yang hangat ataupun panas.
 
Kembali ke atas