Ini adalah masa-masa yang menegangkan di era COVID-19. Kita semua menghadapi ketakutan dan kecemasan tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Kita kehilangan teman dan anggota keluarga, dan kita juga mendengar lebih banyak tentang peran kesenjangan kesehatan dalam tingginya tingkat infeksi COVID-19.

Tetapi bagaimana agar tetap sehat menyeluruh secara mental?

Kembali ke atas

Bagaimana pandemi berkontribusi pada stres dan kecemasan tambahan

Selain ketakutan tertular virus, kita menghadapi ketidakstabilan ekonomi yang disebabkannya. Perempuan cenderung termasuk yang paling rentan secara ekonomi. Pandemi ini telah meningkatkan dampaknya.

 

Kekhawatiran akan pengangguran, cuti kerja, dan kehilangan pendapatan untuk usaha kecil meningkatkan stres dan memicu masalah kesehatan mental yang begitu nyata setiap hari.

 

Kecemasan tentang membayar sewa, mendidik anak-anak, dan membeli makanan juga luar biasa. Menurut National Alliance on Mental Illness (NAMI), sekitar 30% orang dewasa Afrika-Amerika dengan penyakit mental menerima perawatan setiap tahun, dibandingkan dengan rata-rata AS sebesar 43%. Kita dapat dan harus berbuat lebih baik dalam menyediakan akses ke perawatan dan sumber daya, terutama saat ini.

Kembali ke atas

Kiat untuk mengelola kesehatan mental Anda

Barbara J. Brown, PhD, Washington, DC, psikolog dari Capitol Hill Consortium for Counseling and Consultation, LLC, mengatakan, “Apakah itu COVID-19 atau yang lainnya, akan selalu benar bahwa semakin besar hilangnya kendali itu kita rasakan dari sesuatu di luar diri kita, semakin besar kebutuhan untuk menemukan pusat kendali di dalam diri kita sendiri”. Virus ini adalah wilayah yang belum dipetakan bagi kita semua, dan Anda tidak memerlukan diagnosis untuk mengakui dan memvalidasi perasaan stres dan ketidakpastian Anda. Meningkatkan keterampilan koping internal kita adalah pertahanan terbaik kita untuk mengelola kesehatan mental kita selama pandemi COVID-19 saat ini, kata Brown. Jika kita ingin membangun kekebalan emosional terhadap stres, kita harus memperhatikan area inti dari tidur, olahraga, dan nutrisi untuk menciptakan fondasi kesehatan emosional.

 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan sekarang untuk mendukung kesehatan emosional dan mental Anda:

  1. Kelola obat-obatan

    Jika Anda memiliki diagnosis dan telah diberi resep obat untuk mengelola kesehatan mental Anda, teruslah meminumnya. Dan jika Anda tidak mampu membayar pengobatan Anda, karena kehilangan pekerjaan, kehilangan asuransi, atau masalah lain, manfaatkan sumber daya yang tersedia dari pemerintah.

  2. Tetapkan rutinitas

    Dapatkan jadwal dan cobalah untuk mematuhinya setiap hari. Rutinitas sangat penting dalam mengelola kesehatan mental dan fisik Anda.

  3. Makan yang sehat

    Makanan segar yang sehat, seperti buah-buahan dan sayuran, penting untuk mengelola kesehatan fisik dan mental Anda. Hindari makanan tinggi lemak dan gula tinggi yang menawarkan kalori kosong.

  4. Olahraga

    Dapatkan udara segar dan olahraga. Anda mungkin tidak dapat pergi ke gym pada saat ini, tetapi ada banyak kelas online yang dapat membantu Anda mendapatkan 30 menit plus latihan yang meningkatkan suasana hati. Latihan yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Atau hanya keluar dan berjalan.Pastikan untuk mempraktikkan jarak fisik, juga disebut jarak sosial, dan memakai masker, jika Anda akan berada di sekitar orang lain. Jangan lupa untuk mempersiapkan juga produk-produk Hansaplast untuk mengantisipasi cedera atau menghilangkan pegal saat berolahraga. Mulai dari Hansaplast Salep Luka, Plester Hansaplast, Koyo Hansaplast sampai Hansaplast Pereda Nyeri Dan Demam yang menjaga kesehatan Anda secara menyeluruh. 

  5. Buat daftar putar musik yang membangkitkan semangat

    Dapatkan daftar putar musik favorit Anda. Ini dapat membantu mengangkat suasana hati Anda dan menenangkan kecemasan dan ketakutan Anda. Mungkin musik gospel, jazz, hip hop, old school, pop, atau jenis musik lainnya.

  6. Bangun koneksi

    Temukan cara baru untuk terhubung dengan keluarga, teman, dan kolega. Salah satu kekhawatiran terbesar adalah isolasi yang kita semua rasakan karena tinggal di rumah. Jangkau teman melalui media sosial, panggilan telepon, dan layanan streaming video. Alat-alat ini dapat membantu kita merasa terhubung.

  7. Jaga semangat

    Jangan abaikan kesehatan rohani Anda. Meditasi, iman, dan doa semuanya penting pada saat-saat seperti ini. Hanya karena kita tidak bisa pergi ke kebaktian sekarang bukan berarti kita tidak bisa beribadah bersama-sama dalam jarak jauh. Terhubung secara virtual.

Kembali ke atas

Intinya

Barbara J. Brown, PhD, Washington, DC, psikolog dari Capitol Hill Consortium for Counseling and Consultation, LLC, mengatakan, “Apakah itu COVID-19 atau yang lainnya, akan selalu benar bahwa semakin besar hilangnya kendali itu kita rasakan dari sesuatu di luar diri kita, semakin besar kebutuhan untuk menemukan pusat kendali di dalam diri kita sendiri”. Virus ini adalah wilayah yang belum dipetakan bagi kita semua, dan Anda tidak memerlukan diagnosis untuk mengakui dan memvalidasi perasaan stres dan ketidakpastian Anda. Meningkatkan keterampilan koping internal kita adalah pertahanan terbaik kita untuk mengelola kesehatan mental kita selama pandemi COVID-19 saat ini, kata Brown. Jika kita ingin membangun kekebalan emosional terhadap stres, kita harus memperhatikan area inti dari tidur, olahraga, dan nutrisi untuk menciptakan fondasi kesehatan emosional. 

Kembali ke atas