Ruam Popok Pada Bayi

Ruam Popok Bayi, Apa yang Harus Diketahui oleh Orang Tua?

Ruam Popok Bayi, Apa yang Harus Diketahui oleh Orang Tua?

Apa itu ruam popok?

Ruam popok bayi adalah area kulit yang teriritasi di bagian yang tertutup popok. Ruam yang dimaksud bisa berupa area kulit yang terlihat kemerahan, terasa kasar dan dapat menyebar ke area yang lebih luas.

 

Ruam popok pada bayi dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Apalagi jika disertai rasa gatal dan nyeri. Biasanya ini terjadi pada ruam yang sudah parah. Menurut sumber NHS Inggris, diperkirakan sebanyak sepertiga bayi dan balita terkadang mengalami ruam popok. 

 
Kembali ke atas

Apa yang menyebabkan ruam popok?

Kebanyakan ruam popok terjadi karena kulit bayi masih sangat sensitif. Biasanya terjadi karena kulit yang terlalu lembap. Lembap terjebak di area kulit dalam waktu yang lama. Bisa terjadi karena orang tua terlalu lama mengganti popok. 

 

Selain itu, ukuran popok yang tidak pas, seperti terlalu sempit juga dapat memperburuk kondisi ruam. Karena popok bisa menggesek kulit dan mengiritasinya. Jika ini terjadi, jangan panik dulu ya, bunda. Cari tahu cara mengatasinya, agar kulit si kecil kembali sehat. 

 
Kembali ke atas

Mengatasi ruam popok pada bayi

Untuk membantu mengatasi masalah ruam popok, bisa menggunakan salep khusus untuk kulit bayi. Hansaplast Salep Luka bisa membantu menyembuhkan kulit bayi yang mengalami iritasi dan cocok untuk di area kulit yang tertutup popok. 

 

Di samping mengoleskan Hansaplast Salep Luka, bisa juga dengan cara membebaskan bayi dari popok. Setidaknya dalam sehari, kurangi waktu anak mengenakan popok. 

 

 

 
Salep Luka KV 1

Pastikan juga kondisi kulitnya semakin membaik. Jika tidak juga membaik, orang tua perlu bertanya-tanya, kemungkinan penyebab lain munculnya ruam. 

 

Karena ruam pada kulit bayi mungkin saja muncul karena alasan lain, selain karena kelembaban yang tak terjaga. Jika ragu dengan tindakan yang tepat, konsultasikan pada tenaga medis dan jangan sembarangan memakai krim. 

 

Jangan mengoleskan krim, jika tidak dibuat khusus untuk bayi. Karena krim tersebut justru dapat memperburuk kondisi ruam kulit. 

Kembali ke atas

Cara mencegah ruam kulit pada bayi dan anak-anak

Salah satu cara pencegahan yang paling tepat adalah memastikan popok selalu bersih dan kering. Cek waktu pemakaian, jangan sampai terlalu basah. 

 

Di samping itu, perhatikan juga ukuran popok. Saat bayi semakin berkembang, ukuran popok juga perlu ditambah. Jangan sampai terlalu sempit, untuk mencegah gesekan pada kulit. 

 

 
Ruam Popok Pada Bayi

Mencegah ruam popok juga bisa dengan mengoleskan Hansaplast Salep Luka di area kulit yang tertutup popok. Produk Hansaplast ini memberikan lapisan pelindung pada kulit bayi yang mencegah ruam dan melindungi rasa tidak nyaman yang muncul karena keringat, tinja dan urin. 

 

Jika mencurigai adanya penyebab lain dari ruam kulit, konsultasikan pada dokter anak kepercayaan. Karena ruam bisa muncul sebagai reaksi alergi. Reaksi alergi butuh diatasi secara medis, sebelum menjadi kondisi yang lebih serius lagi.

Kembali ke atas