Ketika anak mengalami demam, orang tua tentu akan sangat khawatir. Wajar, karena demam merupakan indikasi adanya gejala dari penyakit tertentu seperti terkena infeksi dari bakteri atau virus. Jangan panik dulu, ya! Sebagai orang tua, kita tentu harus mencari tahu langkah perawatan yang tepat ketika si kecil demam, selain memberikan obat demam anak, pilihan lainnya dengan memberikan Hansaplast Cooling Fever untuk meredakan demamnya.

Kembali ke atas

Apa Itu Demam?

Demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh naik melewati batas normal. Demam biasanya terjadi sebagai tanda bahwa seseorang sedang tidak sehat. Naiknya suhu tubuh adalah salah satu bentuk respons sistem imun yang sedang melakukan perlawanan terhadap infeksi yang terjadi. 

 

Seorang anak mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai 37,5 derajat Celcius atau lebih. Demam pada anak sendiri dibedakan menjadi dua kategori yaitu ringan dan tinggi. Demam ringan terjadi saat tubuh si kecil berada pada rentang 37 derajat hingga 39 derajat Celcius, sementara disebut demam tinggi jika suhu anak di atas 39 derajat Celcius.

 

Cara paling mudah untuk mengetahui suhu badan adalah menggunakan termometer. Pengukuran suhu melalui mulut (oral) adalah cara terbaik untuk mengetahui suhu tubuh anak dan juga orang dewasa. 

 

Kembali ke atas

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Anak Demam?

Ketika suhu tubuh naik, anak tentu merasa tidak nyaman. Terkadang anak akan menjadi lebih rewel dan menangis karena rasa tak nyaman yang ia alami. Maka ketika anak demam, tujuan utama Anda adalah menjaga buah hati senyaman mungkin melewati masa di mana tubuh mereka melawan infeksi tersebut sembari menurunkan demamnya.

Jika demam berlangsung, ibu dapat memberi obat demam anak. Misalkan memberi mereka Paracetamol atau Ibuprofen, tentu dengan resep dokter. Jangan sembarangan memberi obat demam anak, kecuali telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Demam

Selain memberikan obat demam anak, ada berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi suhu tubuh anak Anda, yakni:

  • Atur suhu kamar anak agar tetap sejuk dan nyaman untuk ditinggali.
  • Kenakan anak Anda pakaian dengan bahan yang nyaman, ringan, dan tidak gerah.
  • Pastikan si kecil tetap terhidrasi dengan baik dengan minum air putih yang cukup.
  • Bersihkan tubuh si kecil dengan kain atau lap air hangat. Jangan langsung mandi dan terkena air karena bisa memperparah demamnya.

Gunakan kompres demam seperti Hansaplast Cooling Fever untuk membantu meredakan demamnya.

Kembali ke atas

Pentingnya Plester Kompres untuk Meredakan Demam

Umumnya demam dapat diatasi dengan menggunakan kompres, tetapi dalam situasi tertentu misalnya sedang dalam perjalanan dan sebagainya, para ibu sulit menemukan handuk dan air hangat sehingga membutuhkan alternatif yang lebih praktis seperti plester kompres. Plester kompres memang menjadi salah satu solusi efektif untuk meredakan dan menurunkan temperatur suhu tubuh ketika demam, terutama untuk anak. Berikut beberapa alasan mengapa plester kompres penting untuk meredakan demam anak, yaitu:

  • Plester kompres mengandung banyak air yang bekerja secara natural untuk mendinginkan tubuh.
  • Proses evaporasi pada plester kompres menghasilkan sensasi dingin untuk meredakan demam yang nyaman untuk kulit anak yang sensitif.
  • Sensasi dingin dari plester kompres dapat menyerap panas dengan cepat dan efektif.
  • Plester kompres dapat bekerja efektif meredakan demam selama 8 jam.

 

Demam
Kembali ke atas

Hansaplast Cooling Fever

Selain plester luka, Hansaplast juga mengeluarkan produk kompres instan untuk meredakan demam. Dibuat dengan Advance Hydro-Gel yang memberikan kesejukan, Hansaplast Cooling Fever dapat membantu meredakan demam hingga 8 jam.  

 

Tak hanya itu, Hansaplast Cooling Fever juga dilengkapi dengan kandungan aroma Peppermint dan Wintergreen-nya dapat menenangkan si kecil saat demam terjadi. Aroma yang menenangkan ini juga dapat membantu anak untuk dapat tertidur dengan nyaman tanpa gangguan. 

 

Jika Anda khawatir keamanan kulit si kecil yang masih sensitif, Hansaplast Cooling Fever lembut di kulit sehingga tak akan menyebabkan ruam pada kulit. Plester kompres demam ini juga dapat melekat erat meski si kecil tertidur pulas atau melakukan banyak gerakan.

 

Setelah mengetahui pentingnya plester kompres untuk meredakan panas si kecil, selalu sediakan Hansaplast Cooling Fever di rumah untuk persediaan. Namun, jika demam si kecil tak kunjung membaik meski sudah melakukan berbagai cara meredakan demam di rumah, segera cari pertolongan medis. Penanganan yang tepat bisa membantu menyembuhkan si kecil dari demam.

Kembali ke atas