Luka bakar adalah salah satu cedera rumah tangga yang paling umum. Biasanya, luka bakar yang tergolong ringan bisa langsung ditangani menggunakan salep luka bakar.

 

Kebanyakan orang dapat pulih dari luka bakar tanpa dampak kesehatan yang serius, bergantung pada penyebab dan tingkat cedera. Istilah 'bakar' diartikan sebagai sensasi terbakar yang dirasakan. Luka bakar ditandai dengan kerusakan kulit yang menyebabkan sel kulit mati.

Kebanyakan kasus luka ringan bisa diatasi dengan mengoleskan bahan herbal seperti madu atau salep luka bakar.

 

Namun, luka bakar yang lebih serius membutuhkan perawatan medis darurat segera untuk mencegah komplikasi dan kematian.

 

Ada tiga derajat luka bakar, setiap derajat didasarkan pada tingkat keparahan dan kerusakan pada kulit. Derajat pertama adalah yang paling ringan dan derajat ketiga adalah yang paling parah. Berikut tanda-tandanya:

 

Luka bakar derajat 1: Kulit merah, tidak melepuh.

Luka bakar derajat 2: Kulit melepuh dan sebagian menebal.

Luka bakar derajat 3: Ketebalannya menyebar dengan tampilan kulit yang putih.

 

Ada juga luka bakar derajat 4. Jenis luka bakar ini termasuk semua gejala luka bakar derajat 3 dan meluas ke luar kulit hingga ke tendon dan tulang. Luka bakar yang serius ini membutuhkan perawatan medis darurat untuk mencegah komplikasi dan kematian.

Berbagai penyebab luka bakar antara lain:

  • Kulit mendidih akibat cairan panas
  • Luka bakar kimiawi
  • Luka bakar listrik
  • Terkena api, termasuk nyala api dari korek api, lilin, dan korek api
  • Paparan sinar matahari yang berlebihan

Untuk luka bakar kimiawi dan listrik, diperlukan tindakan medis segera karena dapat memengaruhi bagian dalam tubuh, meskipun kerusakannya kecil pada kulit.

 

luka bakar
Kembali ke atas

Luka Bakar Derajat 1

Luka bakar ini menyebabkan kerusakan kulit yang minimum. Efek lukanya juga disebut 'luka bakar superfisial' karena memengaruhi lapisan kulit terluar. Tanda-tanda luka bakar derajat satu meliputi:

  • Kemerahan
  • Peradangan ringan atau pembengkakan
  • Rasa sakit
  • Kulit kering dan mengelupas terjadi saat luka bakar sembuh

 

luka bakar

Karena luka bakar ini memengaruhi lapisan atas kulit, tanda dan gejala bisa menghilang begitu sel kulit terlepas. Luka bakar derajat satu biasanya sembuh dalam 7 sampai 10 hari tanpa menimbulkan jaringan parut.

 

Luka bakar derajat satu biasanya bisa diobati sendiri di rumah. Cara termudahnya, oleskan Hansaplast Salep Luka yang dapat membantu proses penyembuhan luka 2x lebih cepat* dan membantu mengurangi bekas luka untuk luka baru. Aplikasikan Hansaplast Salep Luka secara rutin hingga luka sembuh secara menyeluruh. Anda dapat gunakan Hansaplast Salep Luka pada luka bakar minor dan sunburn dan setiap tahap penyembuhan luka.

 

Setelah Anda oleskan salep luka, tutup luka dengan Hansaplast Sensitive XL/XXL atau Hansaplast Kasa Steril. Tetapi, perlu diingat untuk mengganti plester setiap hari dan membersihkan luka dengan Hansaplast Spray Antiseptik.

 

*dibandingkan luka yang tidak dirawat dengan tepat.

 

Namun, Anda harus menemui dokter jika luka bakar memengaruhi area kulit yang luas, lebih dari 7 cm. Juga, jika luka bakar terjadi di wajah atau sendi utama yang meliputi: lutut, pergelangan kaki, kaki, tulang belakang, bahu, siku, dan lengan bawah.

 

Adapun penyembuhan luka bakar derajat 1 mungkin bisa lebih cepat bila Anda juga cepat menanganinya. Pengobatan untuk luka bakar derajat satu meliputi:

  • Rendam luka dalam air dingin selama 5 menit atau lebih. Anda juga bisa gunakan Hansaplast Spray Antiseptik untuk membersihkan luka dari kotoran dan bakteri serta mencegah infeksi tanpa rasa sakit dan perih.
  • Mengonsumsi asetaminofen atau ibuprofen untuk meredakan nyeri
  • Mengoleskan lidokain (anestesi) dengan gel atau krim lidah buaya untuk menenangkan kulit.
  • Menggunakan Hansaplast Salep Luka dan Hansaplast Sensitive XL/XXL atau Hansaplast Kasa Steril secara longgar untuk melindungi area yang terkena.
  • Hindari penggunaan es karena dapat memperburuk kerusakan. 
  • Hindari pula mengoleskan bola kapas pada luka bakar karena serat kecilnya dapat menempel pada luka dan meningkatkan risiko infeksi. 
  • Selain itu, hindari pengobatan rumahan seperti mentega dan telur karena tidak terbukti efektif.

 

Kembali ke atas

Luka Bakar Derajat 2

Luka bakar derajat 2 terbilang lebih serius karena kerusakannya mencapai lapisan atas kulit. Jenis luka bakar ini menyebabkan kulit melepuh dan menjadi sangat merah dan perih.

 

Beberapa lepuhan meletus sehingga luka bakar tampak basah. Seiring waktu, muncul jaringan tebal dan lunak seperti keropeng disebut eksudat fibrinosa yang terbentuk di atas luka. Karena itu, luka derajat ini harus benar-benar ditangani agar tidak berkembang menjadi infeksi.

 

luka bakar

Beberapa kasus luka bakar derajat 2 membutuhkan waktu untuk sembuh lebih dari tiga minggu. Kebanyakan sembuh dalam dua sampai tiga minggu tanpa jaringan parut, tetapi seringkali dengan perubahan pigmen pada kulit.

 

Semakin parah lepuhnya, semakin lama luka bakar akan sembuh. Dalam beberapa kasus yang parah, pencangkokan kulit diperlukan untuk memperbaiki kerusakan. Pencangkokan kulit mengambil kulit sehat dari area lain di tubuh dan memindahkannya ke tempat kulit yang terbakar.

 

Berbeda dengan luka bakar derajat satu, pengobatan luka bakar derajat 2 dilakukan dengan:

  • Taruh kulit di bawah air dingin selama 15 menit atau lebih.
  • Minum obat nyeri yang dijual bebas (acetaminophen atau ibuprofen).
  • Oleskan Hansaplast Salep Luka pada area luka yang melepuh.

 

Namun, carilah perawatan medis darurat jika luka bakar menyerang area tubuh termasuk wajah, tangan, bokong, paha, dan kaki.

Kembali ke atas

Luka Bakar Derajat 3

Luka bakar derajat 3 bisa menyebabkan kerusakan parah karena meluas ke setiap lapisan kulit. Banyak menyebut luka bakar derajat 3 adalah yang paling menyakitkan. Namun, faktanya luka bakar jenis ini kerusakannya sangat luas sehingga mungkin penderita tidak akan merasakan sakit karena adanya kerusakan saraf. Gejala luka bakar derajat 3 meliputi:

  • Warna kulit yang memutih seperti lilin atau berubah warna menjadi seperti arang atau cokelat tua.
  • Tekstur kulit terangkat dan terasa kasar.
  • Kulit melepuh dan membengkak.
luka bakar

Tanpa operasi, luka ini akan sembuh dan meninggalkan bekas seperti jaringan parut. Waktu pemulihan luka derajat ini pun tidak pasti.

Kembali ke atas

Komplikasi Luka Bakar

Jika dibandingkan dengan luka bakar derajat 1 dan 2, luka bakar derajat 3 paling berisiko mengalami komplikasi, seperti infeksi, kehilangan darah, dan syok yang seringkali dapat menyebabkan kematian. Pada saat yang sama, semua luka bakar memiliki risiko infeksi karena bakteri dapat masuk ke kulit yang rusak.

 

luka bakar

Tetanus adalah komplikasi lain yang mungkin terjadi pada luka bakar pada semua tingkatan. Seperti sepsis, tetanus adalah infeksi bakteri. Ini memengaruhi sistem saraf yang akhirnya menyebabkan masalah dengan kontraksi otot. Maka itu, sebaiknya setiap anggota keluarga Anda harus disuntik tetanus setiap 10 tahun untuk mencegah infeksi ini.

 

Luka bakar yang parah juga membawa risiko hipotermia dan hipovolemia. Suhu tubuh yang sangat rendah mencirikan hipotermia. Meskipun ini mungkin tampak seperti komplikasi luka bakar yang tidak terduga, kondisi ini sebenarnya disebabkan hilangnya panas tubuh berlebihan akibat cedera. Hipovolemia, atau volume darah rendah, terjadi ketika tubuh Anda kehilangan terlalu banyak darah akibat luka bakar.

 

Jika diobati dan dirawat dengan benar dan cepat, luka bakar derajat 1 dan 2 akan cepat pulih. Luka bakar kedua derajat ini jarang menimbulkan bekas luka, tetapi dapat menyebabkan perubahan pigmen pada kulit yang terbakar. Kuncinya adalah meminimalkan kerusakan dan infeksi lebih lanjut, cara termudahnya adalah dengan mengoleskan Hansaplast Salep Luka

Di sisi lain, luka bakar derajat 2 dan 3 yang parah dapat menyebabkan masalah pada jaringan kulit dalam, tulang, dan organ. Pasien mungkin membutuhkan operasi, terapi fisik, dan rehabilitasi.

 

Jika Anda memiliki luka kulit besar, terutama luka dengan jahitan, tanyakan kepada dokter Anda untuk instruksi perawatan yang tepat. Selalu periksa ke dokter jika terjadi luka dalam, mengeluarkan banyak darah atau menunjukkan tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak, atau hangat. Harap dicatat bahwa, meskipun disusun dengan sangat hati-hati, tip dan saran yang diberikan di situs ini sama sekali tidak menggantikan saran dan pengobatan medis. Jika mengalami atau mencurigai adanya masalah kesehatan, berkonsultasilah dengan dokter. Selalu baca dengan seksama dan ikuti petunjuk penggunaan atau brosur produk Hansaplast.

Kembali ke atas