Rajin Mencuci Tangan

Ternyata, Rajin Cuci Tangan Bisa Mencegah Demam Lho

Mungkin Anda tidak mau percaya begitu saja mengenai mengapa rajin cuci tangan bisa menjadi cara yang tepat pencegah demam. Dan itu juga yang dipikirkan oleh kebanyakan orang. Akan tetapi, setelah Anda tahu alasannya, Anda akan bisa dengan mudah menerima hal tersebut. 

Kembali ke atas

Bagaimana Demam Bisa Dicegah dengan Rajin Cuci Tangan?

Pada dasarnya, demam itu disebabkan karena infeksi. Dan infeksi ini disebabkan ada mikroba yang masuk ke dalam tubuh, entah itu kuman ataupun bakteri. Saat mikroba tersebut masuk ke dalam tubuh, mikroba bisa menginfeksi dan terjadilah demam. Suhu tubuh naik begitu cepat.

 

Maka dari itu, cara yang paling tepat untuk mencegah demam adalah dengan memastikan Anda tidak bersinggungan dengan mikroba yang bisa masuk ke dalam tubuh. Di sinilah mengapa sangat masuk akal jika rajin cuci tangan bisa mencegah demam. Karena dengan rajin mencuci tangan, tangan Anda akan selalu dalam kondisi bersih.

 

Dalam hal ini, Anda harus tahu kebanyakan kasus deman disebabkan kuman yang masuk dari tangan, entah itu secara langsung ataupun melalui makanan yang Anda makan. Dan ketika Anda makan, Anda pasti menggunakan tangan, bukan? Jika tangan Anda mengandung kuman, kuman akan menempel pada makanan dan masuk ke dalam tubuh.

 

Jadi, bisa dipahami bukan mengapa rajin cuci tangan bisa menjadi cara tepat mencegah demam? Untuk itu, ada beberapa tips yang sangat dianjurkan untuk Anda lakukan. Apa saja itu?

  • Sering-seringlah mencuci tangan, terutama sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah berada di sekitar banyak orang.
  • Tunjukkan pada anak Anda cara mencuci tangan dengan benar. Instruksikan mereka untuk membasuh bagian depan dan belakang masing-masing tangan dengan sabun dan bilas hingga bersih dengan air hangat.
  • Bawalah pembersih tangan atau tisu antibakteri. Pembersih tangan tersebut bisa sangat dibutuhkan saat Anda tidak memiliki akses ke sabun dan air. 
  • Hindari menyentuh hidung, mulut, atau mata Anda karena itu bisa mempermudah virus dan bakteri masuk ke tubuh Anda dan menyebabkan infeksi.
  • Tutupi mulut saat batuk. Tutup hidung saat bersin. Ajari anak Anda untuk melakukan hal yang sama.
  • Hindari berbagi cangkir, gelas, dan peralatan makan dengan orang lain.
     
Kembali ke atas

Penanganan yang Tepat Saat Demam

Yang menjadi masalah sekarang, bagaimana jika Anda mengalami demam? Haruskah Anda langsung minum obat? Sebenarnya, para ahli medis tidak menyarankan demam langsung diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan. Karena terlalu sering minum obat bisa membuat tubuh mengalami ketergantungan dengan obat. Setiap kali sakit, Anda harus mengkonsumsi obat. Dan dosis obat harus terus bertambah. 

 

Orang dewasa biasanya mengalami demam jika suhu tubuh mereka meningkat hingga 100,4 ° F (38 ° C). Ini disebut demam ringan. Demam tingkat tinggi terjadi ketika suhu tubuh Anda 103 ° F (39,4 ° C) atau lebih.

 

Kebanyakan demam biasanya hilang dengan sendirinya setelah 1 sampai 3 hari. Demam yang terus-menerus atau berulang dapat berlangsung hingga 14 hari. Demam yang berlangsung lebih lama dari biasanya bisa jadi serius meski hanya demam ringan. Ini karena demam yang berulang mungkin merupakan tanda infeksi atau kondisi kesehatan yang lebih serius.

 

Agar tidak semakin parah, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

 
  1. Hindari Mengalami Dehidrasi 
    Minum banyak cairan, seperti air, jus, sup, kaldu.
  2. Konsumsi makanan ringan yang enak di perut.
  3. Istirahat yang banyak.
  4. Gunakan kompres dingin, seperti handuk basah. Untuk anak kecil, Anda bisa gunakan HANSAPLAST Cooling Fever. Ada gambar kartun seperti karakter Frozen dan Avengers. Ini akan membuat si kecil mau menggunakan cooling fever ini.
  5. Mandi dengan menggunakan air hangat.
  6. Pakailah pakaian yang ringan dan nyaman.

 

Jika suhu tubuh semakin meningkat, baru kemudian Anda bisa mencoba meringankan demam dan gejalanya seperti sakit kepala serta nyeri otot dengan cara mengkonsumsi obat seperti ibuprofen.

 

Dengan menerapkan tips tersebut di atas, seharusnya suhu tubuh mulai turun. Namun, jika suhu tetap naik hingga hampir 39 derajat Celsius, ada baiknya Anda segera konsultasi dengan dokter. Dikhawatirkan ada infeksi serius.

 

Jadi, jangan sepelekan infeksi. Anda harus rajin cuci tangan untuk mencegah masuknya mikroba ke dalam tubuh yang menyebabkan infeksi. Ini pencegah demam yang paling efektif.

Kembali ke atas