Siapa bilang penyebab otok kaku itu hanya olahraga atau kecapekan? Otot yang kaku ternyata juga bisa disebabkan oleh stres. Jadi, jika otot Anda terasa kaku padahal Anda tidak merasa melakukan kegiatan fisik yang berat, besar kemungkinan Anda sedang stres.

 

Terdengar tidak masuk akal, bukan? Bagi orang awam yang tidak begitu tahu tentang kesehatan psikis, jelas ini terdengar aneh. Bagaimana bisa stres mempengaruhi otot yang kaku. Namun, jika Anda mau meluangkan waktu membaca apa penyebabnya, Anda akan tahu bagaimana stres menyebabkan otot kaku

 

Baca Juga : Trik Meredakan Nyeri Otot Saat Sedang Bersepeda


Kembali ke atas

Hubungan Stres dan Otot Kaku

Anda pasti sudah tahu jika stres bisa menyebabkan gangguan psikis. Misalnya Anda menjadi moody atau mudah marah, merasa cemas berlebihan, merasa tidak dihargai, dan lain sebagainya. 

 

Tapi, apakah Anda tahu jika stres juga berpengaruh pada kondisi fisik? Jika Anda tahu bahwa stres mempengaruhi psikis, tentu saja Anda akan lebih mudah menerima kalau stres juga berpengaruh pada fisik. Karena bagaimanapun juga psikis yang bermasalah akan memberikan pengaruh pada fisik. 

 

Contoh sederhananya saja ketika Anda merasa pusing. Maka bagian lain tubuh Anda biasanya memberikan respon seperti rasa kurang enak badan. Hal yang sama juga terjadi ketika Anda stres. Saat Anda mengalami stres, otak mengirimkan sinyal kepada seluruh tubuh. Tubuh kemudian melakukan reaksi. Reaksi pertama yang biasanya munculnya adalah otot yang menegang, terutama di bagian leher dan punggung.

 

Mungkin Anda sudah sering merasakan hal tersebut. Saat Anda selesai bekerja hingga larut malam dan stres karena kejar deadline, Anda merasa nyeri di punggung dan leher. Pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Besar kemungkinan nyeri pada otot punggung dan leher itu dikarenakan stres. 

 

Jadi, pada intinya stres itu memicu tubuh untuk melakukan reaksi. Dan reaksi pertama adalah otot yang menegang. Maka dari itu, Anda sebenarnya harus tahu bagaimana cara mengatasi stres yang menjadi penyebab otot kaku. 

 

Baca Juga : Yuk Pelajari Seperti Apa Kriteria Plester Luka Terbaik


Kembali ke atas

Cara Tepat Mengurangi Stres

Pernah dengar istilah stress management? Terdengar mudah dilakukan. Tapi, dalam praktiknya, tidak banyak yang bisa melakukan manajemen stres. Ini sebuah manajemen agar Anda tidak stres. Orang yang berhasil melakukan manajemen ini bisa terhindar dari stres meskipun ia seorang yang super sibuk.

 

Akan tetapi, bukan hanya stress management saja yang harus Anda kuasai. Anda juga harus tahu bagaimana langkah agar mengurangi stres. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

 

  1. Pijat Stres

    Jangan salah ya. Pijat tidak hanya untuk menghilangkan rasa capek lho. Ada uga pijat untuk stres. Terapis yang profesional tahu bagaimana cara melakukan pijat stres. Biasanya, ia hanya menggunakan jempol dan memijat secara perlahan dengan tekanan yang pas. Jadi, ini tidak sekedar memijat seluruh bagian tubuh Anda saja.

    Selain itu, terapis juga biasanya menggunakan minyak aroma terapi. Ini digunakan untuk membuat Anda merasa rileks. Minyak aroma terapi ini juga yang berperan untuk mengurangi stres.

    Jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke terapis, Anda bisa gunakan HANSAPLAST Koyo terlebih dahulu. Tempelkan pada bagian otot yang terasa tegang. Kehangatan yang keluar dari koyo tersebut akan melenturkan oto yang menegang. Baru kemudian ketika Anda sudah selesai bekerja dan punya waktu luang, Anda bisa pergi ke terapis pijat stres.

  2. Berendam Air Hangat

    Selain pijatan, Anda juga bisa berendam di air panas. Pada intinya, berendam itu sama seperti pijatan. Yaitu bertujuan untuk melunakkan otot yang menegang. Hanya saja, berendam di air hangat ini sangat efektif ketika stres dan juga otot Anda yang menegang itu belum begitu parah atau masih dalam level mild.

  3. Lakukan Olahraga Ringan

    Siapa bilang saat pegal dan otot menegang harus tiduran. Justru ketika Anda lebih banyak tiduran, otot semakin kehilangan kekuatan. Dan Anda akan merasakan nyeri yang semakin parah.

    Saat otot menegang, yang harus Anda lakukan adalah mengembalikan otot seperti sediakala. Salah satu caranya adalah dengan melakukan olahraga ringan. Misalnya saja Anda jalan santai di pagi hari. Suasana yang sejuk dan udara yang segar di pagi hari juga bisa menguransi stres yang Anda alami.
Nah, itulah beberapa cara mengatasi stres yang Anda alami yang menjadi penyebab otot kaku. Tidak ada satu cara pun yang pasti berhasil. Ada baiknya Anda coba terapkan beberapa cara tersebut di atas.
 
Dan ketika Anda masih merasa otot di bagian leher dan punggung tegang padahal Anda harus bekerja, Anda bisa mengandalkan HANSAPLAST Koyo. Ada koyo yang terasa hangat dan yang terasa panas. Tinggal Anda pilih mana yang Anda inginkan. 
 
Tidak hanya rasa hangat saja yang akan mengatasi masalah otot yang menegang. Ada juga harum aromaterapi yang keluar dari produk koyo ini. Harum aromaterapinya ini yang akan membuat Anda merasa rileks. Tempelkan koyo di bagian tubuh Anda yang terasa tegang. Lalu, Anda bisa tetap bekerja seperti biasanya.
 
 

Baca Juga : Yuk Pelajari Seperti Apa Kriteria Plester Luka Terbaik


Kembali ke atas