Sekarang ini, bersepeda sedang menjadi trend. Bahkan, bisa dikatakan bersepeda sebagai gaya hidup. Sama seperti beberapa tahun lalu di mana futsal menjadi olahraga yang ngetrend sekalipun gaya hidup. Namun, banyak yang menjalankan hobi bersepeda ini mengalami nyeri. Jika Anda pecinta olahraga sepeda, ada baiknya Anda tahu bagaimana cara meredakan nyeri otot.

Mungkin Anda sudah merasakan nyeri otot saat bersepeda bersama dengan komunitas. Hal ini membuat Anda tidak bisa melanjutkan kegiatan bersepeda. Atau bisa saja Anda memaksakan diri meskipun Anda tertinggal jauh. Yang terpenting, Anda bisa sampai finish meskipun terlambat.

Baca Juga : Yuk Pelajari Seperti Apa Kriteria Plester Luka Terbaik


Sayangnya, hal tersebut bisa berakibat lebih fatal lagi. Bukan hanya nyeri saja yang bisa Anda alami melainkan besar kemungkinan otot Anda sobek.

Jika Anda ingin sekali bersepeda jauh dengan teman-teman komunitas, sebaiknya Anda tahu bagaimana cara meredakan nyeri otot jika itu Anda rasakan di tengah jalan.

Tips Sederhana untuk Redakan Nyeri Otot

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk setidaknya mengurangi nyeri otot yang Anda alami saat bersepeda:

1. Slow Down

Sebenarnya, yang harus Anda lakukan ketika sudah terasa nyeri adalah istirahat. Namun, jika itu yang Anda lakukan, ada kemungkinan Anda semakin tertinggal jauh dari rombongan.

Lalu, apa solusi yang terbaik? Ada baiknya Anda slow down atau memperlambat mengayuh sepeda. Dengan cara ini, maka Anda membuat otot Anda sedikit beristirahat. Namun, pada saat yang sama, kekuatan otot juga terjaga.

Akan tetapi, jika jalanan terus menanjak, ada baiknya Anda istirahat sebentar. Lebih baik istirahat 2-3 menit daripada Anda memaksakan mengayuh sepeda dalam kondisi jalan menanjak.

2. Lakukan Pemijatan Sederhana

Jika ada kesempatan berhenti, Anda bisa melakukan pemijatan di bagian yang terasa nyeri. Saat bersepeda, ada baiknya Anda membawa foam roller atau tongkat pijat. Ini alat yang sangat bisa diandalkan ketika Anda ingin segera meredakan nyeri otot saat bersepeda.

Biasanya, yang terasa nyeri adalah di bagian tungkai. Pijat bagian tubuh Anda tersebut. Tujuannya adalah untuk mendorong cairan yang membawa sisa kerusakan otot. Dengan cara ini, darah yang segar bisa mengalir sehingga bisa membantu proses perbaikan.

Baca Juga : Kini Anda Bisa Olahraga Tanpa Harus Takut Lecet


3. Tempelkan Koyo

Setelah melakukan pemijatan, Anda bisa tempelkan HANSAPLAST Koyo. Anda bisa memilih entah yang terasa hangat atau panas. Tempelkan pada bagian tubuh Anda yang terasa nyeri. Rasa hangat atau panas dari koyo tersebut akan melenturkan otot. Jadi, Anda bisa siap mengayuh sepeda kembali untuk mengejar ketertinggalan dari rombongan.

4. Minum Air Putih

Apa yang ada di benak Anda tentang air putih? Mungkin Anda hanya berpikir bahwa air putih ini hanya untuk mencegah haus saat bersepeda atau menghindari tubuh mengalami dehidrasi.

Memang benar air putih itu dibutuhkan untuk menghindari dehidrasi. Karena jika Anda mengalami dehidrasi, Anda bisa pingsan di jalan. Namun, ada manfaat lain dari air putih ini. Ketika Anda merasa nyeri otot, air putih bisa mempercepat proses penyembuhan. Saat nyeri terasa, saat itulah darah mengental. Dan air putih akan membantu mengembalikan kondisi tersebut.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda minum air putih yang banyak. Bisa juga Anda membuat jadwal berapa kilo sekali Anda harus minum air putih. Ini cara yang paling tepat untuk mencegah cedera otot, bukan hanya mencegah dehidrasi.

Itulah beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri otot ketika sedang bersepeda.

Mencegah Nyeri Otot Saat Bersepeda
Bagi seorang atlet, nyeri otot saat bersepeda juga bisa terjadi. Hanya saja, karena ia sering melatih otot, maka risiko tersebut bisa dihindari. Lain hal dengan mereka yang menjadikan bersepeda sebagai gaya hidup. Mereka lah orang sangat rawan mengalami nyeri otot. Apalagi jika sebelumnya mereka sama sekali tidak suka olahraga. Harus dipahami bersepeda termasuk olahraga yang berat. Apalagi jika jarak yang ditempuh hingga belasan atau bahkan puluhan kilo.

Untuk mencegah nyeri, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan. Yang pertama, Anda harus melatih otot, terutama otot kaki. Karena otot inilah yang paling mudah cedera saat bersepeda. Latih otot dengan cara melakukan olahraga ringan sebelum berolahraga. Seperti contoh, Anda bisa melakukan jalan santai atau jogging. Terutama jika Anda ingin bersepeda hingga berkilo-kilo. Sebaiknya latih otot Anda setidaknya 2 atau 3 hari sebelumnya.

Yang kedua, jaga kondisi kesehatan tubuh. Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung protein. Karena kandungan inilah yang sangat dibutuhkan oleh otot saat otot harus bekerja keras.

Ketiga, kenali kemampuan tubuh. Biasanya, seseorang ingin melakukan sesuatu di luar kemampuannya. Misalnya saja ketika ada jalan menanjak, ia merasa kuat. Namun, sebenarnya tubuhnya sudah tidak mampu melakukannya.

Untuk itu, mengenali kemampuan itu sangat penting. Karena dengan cara ini, Anda akan tahu kapan Anda harus mengayuh keras sekali dan kapan Anda harus slow down. Dan yang terpenting lagi, Anda mendapatkan sinyal dari tubuh kapan Anda harus istirahat.

Bersepeda menjadi jenis olahraga yang tidak hanya keren tapi juga menyehatkan. Namun, jangan sampai olahraga yang seharusnya menyehatkan ini justru berdampak buruk bagi diri Anda. Untuk itu, antisipasi apa saja yang perlu diantisipasi. Sekarang, Anda juga sudah tahu bagaimana cara untuk meredakan nyeri otot saat sedang bersepeda. Semoga Anda semakin siap untuk tour dengan komunitas hingga ke tempat yang jauh sekalipun.

 

Baca Juga : Kini Anda Bisa Olahraga Tanpa Harus Takut Lecet