Plester Luka Terbaik

Yuk, Pelajari Seperti Apa Kriteria Plester Luka Terbaik

Saat kamu terluka, maka kondisi kulit terbuka. Padahal, kulit bagian dalam mudah sekali terinfeksi oleh bakteri atau kuman. Bahkan, kotoran yang menempel pada luka juga bisa memperlambat proses penyembuhan. Bisa juga kotoran tersebut memperparah luka. Bisa saja luka yang kamu alami kecil. Namun, luka kecil tersebut menjadi semakin parah lantaran terkena debu atau terkena gesekan.

 

Untuk melindungi luka agar tidak semakin parah, sebaiknya kamu menggunakan plester luka. Plester luka sendiri ada beberapa jenis, ada yang plester luka biasa, plester luka anti air hingga plester luka berukuran besar.

 

Lalu bagaimana caranya memilih plester luka terbaik jika fungsinya sama-sama untuk melindungi luka?

 
Kembali ke atas

Memilih Plester Pelindung Luka yang Terbaik

Sahabat Hansaplast sudah tahu kan alasan mengapa luka harus ditutupi dengan plester? Kalau belum tahu, bisa baca artikel berikut tentang perawatan dan perlindungan luka.

Sekarang, kamu harus pastikan plester pelindung luka yang kamu pilih memang yang terbaik. Setidaknya, ada tiga kriteria plester yang bisa kamu perhatikan.

  1. Tahan Air 
    Percuma saja jika kamu gunakan plester tapi air masih mampu meresap ke dalam bagian dalam plester. Akhirnya, luka akan terus terkena air. Luka menjadi lembab dan semakin lama sembuhnya.

    Sebaiknya kamu gunakan plester yang tahan air. Jadi, ketika kamu menempelkan plester pada luka, maka luka tidak akan terkena air sekalipun kamu guyur dengan air. Jadi, kamu bisa tenang ketika harus mandi. Bagian tubuh yang terluka akan tetap kering karena sudah terlindungi oleh plester tahan air.

  2. Kain Elastis
    Selain tahan air, bahan yang digunakan untuk membuat plester haruslah bahan yang elastis. Ini berkaitan dengan kenyamanan. Apalagi jika bagian tubuh kamu yang terluka itu siku atau lutut. Jika bahan plester luka yang kamu gunakan elastis, siku atau lutut bisa kamu gerakkan dengan lebih nyaman. kamu bisa tetap bergerak seolah-olah tidak ada plester di bagian siku ataupun lutut.

  3. Melekat Sempurna 
    Plester luka yang terbaik memiliki daya lekat yang bagus. Jadi, sekalipun kamu guyur air setiap hari, plester tidak mudah lepas. Plester tetap menempel atau melekat sempurna sehingga kulit yang terbuka karena terluka akan terus terlindungi.

Setidaknya tiga kriteria tersebut yang kamu bisa gunakan untuk menilai seberapa bagus plester yang kamu harus pilih.

Kembali ke atas

Hansaplast Tawarkan Berbagai Jenis Plester Luka

Sebenarnya, pelindung luka tidak hanya plester. kamu bisa gunakan perban. Hanya saja, kamu harus melindungi luka dengan menggunakan kapas lembut terlebih dahulu. Lalu baru kamu bisa gunakan perban agar kapas tidak terlepas.

Cara tersebut sedikit merepotkan. Ada opsi lain yang jauh lebih mudah. Gunakan saja Hansaplast.  Sekarang, Hansaplast memiliki beberapa jenis plester. Semuanya sudah sesuai dengan kriteria plester luka yang terbaik, yaitu tahan air, bahan elastis, dan melekat sempurna di kulit.

  1. Plester untuk Anak-Anak 
    Terkadang, anak balita takut sekali jika harus menggunakan obat atau alat seperti plester. Padahal, jika anak kecil terluka, luka harus ditutupi agar darah segera membeku dan luka tidak terkena infeksi.

    Agar anak mau, maka kamu bisa gunakan plester anak. Bahan yang digunakan sama dengan hansaplast biasa. Hanya saja, ada gambar kartun di bagian depan, seperti gambar tokoh kartu di Film Frozen, Disney Princess, dan juga Mickey & Friends.

    Ada juga Hansaplast anak-anak versi Star Wars. Ini cocok sekali untuk anak laki-laki. Sementara itu, Hansaplast gambar Frozen, Disney Princess, dan juga Mickey & Friends lebih cocok untuk anak perempuan. 

    Dengan gambar yang lucu, anak kecil akan tertarik dan mau menggunakan plester. Jadi, selain bisa menyembuhkan luka, ini juga memberikan efek psikologis. Anak menjadi lebih senang dan tenang. Sehingga ia akan lupa rasa perih karena terluka. 

  2. Plester untuk Dewasa
    Untuk plester dewasa, pilihannya banyak. Ada plester kain elastis dan plester plastic. Ada juga yang ukuran jumbo jika luka yang kamu alami cukup besar. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan.

  3. Plester Transparan
    Yang terbaru adalah plester dengan bahan transparan. Ini cocok sekali kamu gunakan ketika luka kamu alami di bagian tubuh yang terekspos. Misalnya saja di bagian tangan atau wajah. Dengan plester transparan ini, kamu tidak akan terlihat memakai plester. 

    Plester transparan ini juga sangat disarankan dipakai ketika kamu berenang. Ketika berenang, sebagian besar bagian tubuh kamu terbuka. Aneh jika ada bagian yang terluka ditutupi dengan plester biasa. Agar tidak mencolok, gunakan saja plester transparan.

Selain menggunakan plester pelindung luka, akan lebih baik lagi jika kamu gunakan juga antiseptik spray dan juga krim luka. Hansaplast juga memiliki kedua produk tersebut. Jadi, setiap pagi setelah kamu mandi, semprotkan spray antiseptik pada luka. Setelah itu, oleskan krim luka di sekeliling luka. Baru kemudian kamu bisa tutupi luka dengan plester.

 

Dengan menggunakan semua produk Hansaplast tersebut, luka bisa lebih cepat sembuh. Selain itu, luka juga akan terhindar terkena infeksi. Ini yang paling penting. Sekecil apapun luka yang kamu alami, lakukan treatment yang tepat. Jika kamu sepelekan, maka luka kecil akan membesar menjadi begitu parah. Yang pasti, gunakan plester luka terbaik dari Hansaplast setiap kali terluka agar tidak terjadi infeksi pada luka.  

 

 

Kembali ke atas