Cara Paling Sederhana untuk Mengatasi Nyeri Punggung

Nyeri punggung sering dialami oleh pekerja kantoran yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan cara duduk di kursi. Rasa nyeri tersebut bisa dikurangi dengan menggunakan koyo pereda nyeri otot. Setidaknya, sensasi hangat terasa mengalihkan perhatian Sahabat Hansaplast dari nyeri yang dirasakan.

 

Namun, menggunakan koyo saja tidak cukup jika kamu ingin mengatasi nyeri punggung yang sering kamu alami. Koyo hanya membantu meringankan nyeri yang kamu rasakan. 

 
Kembali ke atas

Apa yang Menyebabkan Nyeri Punggung?

Nyeri pada bagian punggung tidak hanya dirasakan oleh orang yang bekerja keras setiap hari. Orang yang seharian duduk di kursi justru lebih berisiko mengalami masalah kesehatan yang satu ini. 

 

Kenapa ini bisa terjadi? Karena di saat kamu duduk di kursi, tulang punggung terutama bagian bawah mendapatkan beban yang begitu berat. Apalagi jika kamu sering duduk hingga larut malam karena kamu harus lembur. kamu pasti sering merasa nyeri punggung setiap kali kamu bangun tidur. 

 

Pada intinya, nyeri tersebut disebabkan beban yang harus ditanggung oleh otot punggung. Semakin lama kamu duduk, otot tersebut semakin tidak punya waktu untuk istirahat. Inilah yang kemudian membuat munculnya nyeri otot punggung.

 

Di saat itulah kegunaan koyo bisa kamu rasakan. Dengan menempelkan koyo pada punggung, maka nyeri yang kamu rasakan akan berkurang. Namun, ini harus dibarengi dengan upaya yang lain agar nyeri benar-benar hilang. 

 
Kembali ke atas

Cara Tepat Menghilangkan Masalah Nyeri Punggung

Koyo Hangat

Saat merasakan nyeri punggung, kamu bisa tempelkan Koyo Hangat Pereda Pegal & Nyeri Otot dari Hansaplast. Sebenarnya, koyo ini diformulasikan agar nyeri berkurang. Dan pada saat itulah kamu bisa tetap aktif. Karena dengan cara aktif bergeraklah otot yang terasa nyeri akan sembuh dengan sendirinya.

 

Pada intinya, otot yang nyeri itu tertekan begitu kuat sehingga menyebabkan tegang. Oleh sebab itu untuk meredakan otot yang tegang tersebut, kamu bisa tempelkan koyo. Setelah itu, kamu harus aktif bergerak.

 

Bangunlah dari tempat duduk kamu. Bergeraklah secara aktif, seperti melakukan peregangan otot, sekedar berjalan ke ruangan yang lain, atau keluar kantor untuk mencari udara segar.

 

Sementara itu, koyo yang kamu tempelkan pada punggung akan memberikan efek hangat. Di saat itulah peredaran darah semakin lancar sehingga berangsur-angsur rasa nyeri akan hilang. Inilah kegunaan koyo yang harus kamu pahami.

 

Maka dari itu, kuncinya adalah bagaimana agar otot yang nyeri bisa rileks kembali. Namun, ini bukan berarti kamu harus mengistirahatkan otot tersebut. Semakin lama kamu membiarkan otot tidak latihan, maka semakin lama nyeri yang kamu akan rasakan.

 

Buat otot rileks dan peredaran darah lancar dengan cara menggunakan Hansaplast Koyo Pereda Pegal & Nyeri Otot. Imbangi dengan melakukan gerakan sederhana sebagai cara untuk melatih otot yang terluka agar sembuh dan sehat kembali. 

 
Kembali ke atas

Pencegahan Nyeri Punggung yang Bisa kamu Lakukan

Jika kamu pekerja kantoran yang sering menghabiskan waktu di kursi, kamu sangat berpotensi mengalami nyeri punggung. Ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah masalah tersebut. Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan:

  1. Olahraga 
    Sebisa mungkin kamu harus luangkan waktu untuk berolahraga. Karena olahraga menjadi cara untuk menguatkan otot, terutama otot bagian punggung. Ketika otot punggung kuat, maka otot akan semakin kuat mengatasi tekanan ketika kamu duduk.

    kamu bisa pilih olahraga yang bisa menguatkan bagian otot punggung. Misalnya saja melakukan gerakan renegade row. Ini gerakan yang kamu harus lakukan dengan posisi seperti ingin melakukan push up. Hanya saja, ada satu tangan yang kamu gunakan untuk memegang barbel. Tangan yang satunya lagi lurus mengangkat badan. Lalu gerakkan tangan kamu yang memegang barbel ke bawah dan ke atas.

    Jika tidak ada alat gym seperti barbel, kamu juga bisa terapkan gerakan superman hold. Caranya, kamu telungkup lalu angkat kepala dan juga kaki kamu ke atas. Dengan demikian, hanya perut kamu saja yang menempel pada lantai. Tahan hingga kurang lebih 20 detik. Ini sangat efektif untuk menguatkan otot punggung.

    Akan tetapi, otot yang lain juga perlu dilatih. Semuanya harus dalam kondisi yang seimbang. Jadi, selain melakukan renegade row dan superman hold, sebaiknya lakukan jogging satu atau dua kali dalam satu minggu.
     
  2. Mengganti Posisi Duduk
    Selain olahraga, kamu juga harus menerapkan cara duduk yang baik selama bekerja. Usahakan ganti posisi duduk kamu setiap 10 atau 15 menit. Ini akan membuat otot punggung tidak mendapatkan tumpuan yang terlalu lama yang mana ini bisa menyebabkan nyeri punggung.

    kamu bisa duduk berskamur pada bagian belakang kursi. Namun, sesekali kamu duduk tegap lurus tanpa berskamur. Ada baiknya juga jika kamu melakukan stretching ringan untuk membuat otot-otot lebih rileks.

  3. Lakukan Gerakan Kecil 
    Jika kamu merasa sudah terlalu lama duduk, segera berdiri dari kursi. Lakukan gerakan kecil. kamu bisa jalan ke ruangan yang lain untuk menyapa rekan kamu. kamu bisa jalan ke pantry untuk sekedar mengambil air putih. Atau kamu bisa keluar ruangan untuk mendapatkan udara segar. Ini juga efektif untuk mencegah nyeri pada punggung.

Yang pasti, bawa terus Hansaplast Koyo Pereda Pegal & Nyeri Otot di manapun kamu berada. Ada dua pilihan koyo, yaitu hangat dan panas. Menempelkan koyo pereda nyeri otot pada punggung akan meringankan sekaligus lebih cepat mengatasi nyeri yang kamu rasakan. Jangan tunggu hingga nyeri mengganggu pekerjaan kamu. 

Kembali ke atas