Cara cerdas meredakan nyeri otot

Cara Cerdas Meredakan Nyeri Otot

Apa yang Anda lakukan untuk meredakan nyeri otot? Mungkin selama ini Anda akan langsung pergi ke tukang pijat agar nyeri otot yang Anda alami bisa disembuhkan. Atau Anda konsultasi dengan dokter. Padahal, sebenarnya Anda bisa melakukan treatment sederhana di rumah untuk mengatasi masalah tersebut.

Nyeri pada otot disebabkan oleh banyak faktor. Ada yang dikarenakan keseleo. Ada juga yang otot tertarik dengan cepat karena kegiatan fisik tertentu yang terlampau berat. Ada juga nyeri otot yang disebabkan radang sendi.

Koyo-panas-new

 

Apapun penyebabnya, Anda bisa memperoleh manfaat koyo untuk meredakan nyeri pada otot. Jadi, Anda tidak perlu terlalu panik jika ini terjadi. Anda rileks dulu di rumah. Cari Hansaplast Koyo Hangat yang ada di kotak P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan).

 

Peran Penting Koyo untuk Meredakan Nyeri pada Otot

Mungkin ada pertanyaan di benak Anda. Apa benar koyo mampu meredakan nyeri otot? Jika Anda tidak tahu apa saja bahan yang ada di dalamnya serta bagaimana cara kerjanya, Anda pasti tidak yakin koyo mampu mengatasi nyeri otot.

Apa yang Anda rasakan ketika koyo ditempelkan pada bagian tubuh yang mengalami nyeri? Ada koyo yang memunculkan efek dingin dan sedikit hangat. Ini disebabkan kandungan metil salisilat. Inilah yang mengeluarkan efek tersebut.

Bahan utama di dalam koyo tersebutlah yang membuat otot yang nyeri akan reda. Di saat yang sama, efek dingin atau hangat dari koyo juga mengalihkan perhatian Anda dari rasa nyeri ke sensasi lainnya. Itulah bagaimana cara koyo meredakan nyeri pada otot.

Karena pada dasarnya otot yang nyeri hanya bisa disembuhkan dengan beraktivitas ringan. Dengan menempelkan koyo pada bagian yang nyeri, diharapkan Anda bisa tetap bergerak ringan sehingga otot-otot yang nyeri bisa sembuh.

Ada anggapan salah yang diamini oleh banyak orang. Mereka menganggap ketika otot nyeri, misalnya adanya nyeri di bagian punggung karena terlalu lelah bekerja, maka mereka harus istirahat total. Dengan cara ini, otot akan kembali baik.

Padahal, itu anggapan yang salah. Semakin lama Anda istirahatnya otot Anda tersebut, maka otot akan semakin tegang. Otot yang nyeri akan semakin terluka.

Yang harus dilakukan adalah membuat otot yang nyeri melakukan olahraga ringan. Lalu, sedikit demi sedikit, intensitas olahraga otot diperkuat. Itulah cara agar nyeri pada otot bisa segera sembuh.

Untuk itulah kenapa Anda harus menggunakan Hansaplast Koyo Hangat. Koyo ini berperan untuk membuat otot sedikit lebih rileks. Dan pada saat yang sama, Anda tidak fokus pada rasa nyeri sehingga Anda mau terus bergerak. Dengan menggerakkan badan, maka otot melakukan latihan. Dengan cara inilah rasa nyeri pada otot akan menghilang.

 

Tips Meredakan Nyeri Setelah Menggunakan Koyo

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, koyo tidak menyembuhkan melainkan meredakan nyeri otot. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melatih otot yang terluka agar kembali dalam kondisi yang baik. 

Bagaimana caranya? Yaitu dengan mengajak otot berolahraga atau melakukan latihan. Dalam hal ini, cara implementasinya berbeda-beda. Setiap orang membutuhkan latihan atau gerakan yang berbeda-beda. Ini tergantung level cedera dan juga usia. Maka dari itu, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan:
  1. Lakukan Assessment
    Assessment atau penilaian harus dilakukan di awal. Karena dari sinilah Anda bisa mengetahui kegiatan fisik seperti apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk meredakan nyeri pada otot.

    Dalam hal ini, ada dua tipe orang yang harus Anda pahami. Yang pertama adalah tipe avoider. Ini adalah tipe orang yang merasa khawatir mengalami cedera jika melakukan olahraga. Maka dari itu, orang dengan tipe ini cenderung tidak ingin melakukan olahraga atau aktivitas fisik. Yang kedua adalah tipe achiever. Ini tipe orang yang ingin memiliki tubuh yang fit. Hanya saja, ketika cedera atau terjadi nyeri pada otot, maka ia merasa tubuhnya tidak bisa diajak kompromi lagi.

    Kira-kira, tipe seperti apa Anda? Dalam hal ini, Anda harus mencari titik tengah. Karena dengan cara ini, Anda akan menemukan aktivitas fisik apa yang tepat untuk Anda lakukan.
     
  2. Cari Olahraga yang Tepat
    Langkah yang kedua adalah mencari jenis olahraga yang tepat. Anda bisa pergi ke tempat gym. Cari alat yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Sesuaikan juga dengan kondisi cedera otot yang Anda alami.

    Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, otot yang nyeri hanya butuh latihan saja. Dan itu harus diawali dengan hal yang ringan secara terus menerus lalu beranjak ke latihan yang berat.

  3. Lakukan Secara Rutin 
    Ini kuncinya. Agar otot tidak semakin tegang, maka latihan harus dilakukan secara rutin. Lebih baik Anda jalan santai setiap pagi walaupun hanya 1 atau 2 kilometer daripada Anda jogging puluhan kilo namun sekali dalam satu minggu. Lebih baik Anda mengangkat barbel 1 kilo setiap hari daripada Anda melakukan push up belasan kali tapi hanya sekali dalam seminggu.
Itulah hal yang seharusnya Anda lakuan untuk meredakan nyeri otot. Jadi, koyo hanya untuk meringankan nyeri sekaligus membuat otot siap untuk digerakkan. Karena dengan cara melatih dan menggerakan otot itulah Anda bisa menghilangkan nyeri yang Anda rasakan. Nyeri tidak boleh membuat Anda bed rest. Nyeri hanya bisa dihilangkan dengan melakukan aktivitas. Semakin Anda aktif bergerak, maka semakin cepat nyeri yang Anda rasakan hilang.
Kembali ke atas