Stres Penyebab Nyeri Otot

Apa Benar Stres Jadi Penyebab Nyeri Otot? Temukan Faktanya Di Sini

Anda pasti sudah tahu jika penyebab nyeri otot itu salah satunya adalah aktivitas fisik yang berlebihan. Namun, apakah Anda pernah dengar bahwa masalah nyeri pada otot ini disebabkan hal yang tidak berupa fisik melainkan psikis, yaitu stres?

 

Sebenarnya, ada hubungan yang erat antara stres dengan nyeri otot. Mungkin Anda tidak sadari ketika Anda stres, Anda merasa pegal-pegal di sekujur tubuh. Anda merasa tidak punya gairah untuk bergerak. Tubuh terasa berat untuk diajak beraktivitas. Inilah bukti bahwa stres menjadi salah satu yang menyebabkan nyeri otot. 

 

Namun, bagaimana itu bisa terjadi?

 
Kembali ke atas

Hubungan Antara Stres dan Nyeri Otot

Bagi orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang kesehatan, cukup sulit untuk menerima bahwa hal yang bersifat psikis bisa mempengaruhi fisik. Contohnya stres yang bisa menyebabkan nyeri pada otot. Namun, mereka yang memiliki background pendidikan kesehatan bisa menjelaskan hubungannya.

 

Saat Anda stres, hal tersebut membuat otot tubuh Anda tegang. Memang tidak semua otot tegang. Akan tetapi, ada sebagian otot yang menegang. Semakin besar stres yang Anda rasakan, semakin kuat otot menjadi tegang. Saat itulah Anda merasakan nyeri pada otot.

 

Dalam dunia medis, ini yang disebut dengan hiperstimulasi. Yaitu kondisi yang menstimulus suatu hal secara berlebihan. Stres yang begitu luar biasa menstimulasi otot menjadi tegang dan kencang. Selain tubuh terasa pegal-pegal, biasanya hiperstimulasi ini juga ditandai dengan masalah lain seperti sakit kepala. 

 

Maka dari itu, salah besar jika Anda menganggap penyebab nyeri otot itu hanya karena ketika Anda mengangkat beban berat. Atau Anda mengalami benturan yang menyebabkan otot menegang. Anda yang sering bekerja begitu keras hingga stres juga bisa menyebabkan nyeri otot.

 

Makanya, penting sekali bagi Anda untuk meredakan atau mengatur stres. Ini tidak hanya bagus untuk kesehatan psikis tapi juga stamina fisik Anda. Jika Anda merasa stres yang Anda alami menyebabkan nyeri otot, langkah cepat harus Anda lakukan.

 
Kembali ke atas

Tips Mengatasi Nyeri pada Otot

Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika nyeri otot disebabkan oleh stres? Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Rilekskan Pikiran
    Karena yang menyebabkan nyeri otot adalah stres, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat pikiran rileks. Memang butuh waktu yang cukup lama. Terkadang, orang butuh waktu kurang lebih 20 menit untuk bisa pulih dari stres utama. Itupun jika Anda bantu pikiran untuk bisa rileks. 

    Salah satu cara yang dianjurkan adalah menarik nafas dalam-dalam dan membuang nafas pelan-pelan. Lakukan beberapa kali. Kemudian, buang pikiran negatif lalu penuhi pikiran dengan hal-hal yang positif. Ini akan mampu meredakan stres. Dan secara tidak langsung, otot tidak lagi tegang dan tidak lagi terasa nyeri.

  2. Rilekskan Otot
    Selain merilekskan pikiran, Anda juga perlu membuat otot rileks. Caranya bermacam-macam. Anda bisa mulai dengan mandi air hangat. Mandi tidak hanya membuat pikiran rileks tapi juga otot rileks.

    Hansaplast Koyo Hangat


    Kemudian, pijat bagian otot yang tegang pelan-pelan. Jika bagian otot yang nyeri sulit untuk dijangkau dengan tangan, Anda bisa tempelkan Hansaplast Koyo Hangat. Anda bisa pilih antara yang hangat dan yang panas. Anda sesuaikan saja dengan keinginan Anda.

  3. Olahraga Ringan
    Banyak yang salah paham mengenai cara mengatasi nyeri otot. Mereka menganggap saat otot nyeri, itulah saat otot harus diistirahatkan. Mereka akhirnya istirahat total.

    Faktanya, dengan istirahat total, justru otot semakin lemah. Nyeri akan semakin terasa. Nyeri yang Anda alami semakin lama akan Anda rasakan.

    Para ahli medis menyatakan bahwa otot yang nyeri itu butuh training. Artinya, otot harus dikembalikan pada kondisi semula. Dan itu bukan dengan cara istirahat total tapi otot diminta untuk melakukan aktivitas ringan. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai.

    Selain jalan santai, ada juga pilihan olahraga ringan lainnya. Misalnya saja hanya sekedar naik tangga. Ini termasuk olahraga ringan lho. Anda juga bisa ke gym. Namun, sesuaikan latihan yang Anda pilih dengan nyeri otot yang Anda alami ya. Misalnya saja jika Anda merasa nyeri pada punggung, Anda bisa latihan untuk memperkuat otot punggung. Anda bisa angkat barbel yang ringan saja.

  4. Tidur Berkualitas
    Setelah Anda melakukan tips tersebut di atas, selanjutnya Anda bisa istirahat. Pastikan Anda tidur berkualitas. Ini akan membuat tubuh Anda istirahat dengan baik. Begitu dengan pikiran Anda. Tidur berkualitas benar-benar meredakan stres yang Anda rasakan.

    Tidur berkualitas bukan tidur lama. Tidak ada kaitannya antara lama waktu tidur dengan kualitas tidur. Tidur yang berkualitas itu Anda akan dapatkan jika Anda benar-benar tidur nyenyak. Lebih baik Anda tidur 3 jam namun berkualitas daripada tidur lama tapi tidak nyenyak.

    Agar Anda bisa tidur berkualitas, pastikan pikiran Anda tenang saat Anda mulai berbaring. Matikan alat elektronik yang ada, seperti TV dan handphone. Jauhkan mata Anda dari handphone. Ini kunci penting agar Anda bisa tidur berkualitas. Lalu, usahakan kamar tidur Anda bersih dengan sirkulasi udara yang bagus.
Nah, sekarang Anda sudah paham kan mengapa stres menjadi penyebab nyeri otot? Ternyata, banyak sekali pengaruh dari stres. Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk pandai mengelola stres. Atur jadwal kegiatan Anda setiap hari. Seberat apapun pekerjaan Anda, itu tidak akan membuat Anda stres jika Anda atur dengan tepat.
Kembali ke atas