Luka bakar bisa saja terjadi. Beberapa luka bakar tidak butuh penanganan khusus. Namun, ada juga yang membutuhkan bantuan tenaga medis. Maka dari itu, perlu sekali bagi Anda untuk mengetahui mana luka bakar yang membutuhkan penanganan medis dan mana yang tidak.


Apa itu Luka Bakar?
  1. Luka Bakar Tingkat Satu
    Luka bakar tingkat satu ini biasanya hanya pada bagian kulit superficial saja. Tidak sampai ke bagian lapisan atas kulit. Contohnya saja luka bakar karena tersengat sinar matahari. Luka ini cukup menyakitkan. Namun, dalam beberapa kasus, luka bakar tingkat satu ini bisa diobati sendiri di rumah. Luka bakar ini sering ditandai dengan nyeri, kemerah-merahan, bengkak, dan kulit kering tapi tidak melepuh.

    Baca Juga : Jangan Bingung Melindungi Luka Ukuran Besar Begini Caranya



    Luka bakar tingkat satu ini termasuk luka bakar yang tidak terlalu serius. Ini bisa disebabkan karena adanya kontak langsung benda yang permukaannya panas. Bisa juga luka bakar tingkat satu ini disebabkan oleh sengatan matahari. Ini disebabkan oleh adanya kerusakan akibat sinar UV matahari. Biasanya, luka bakar tingkat satu sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, Anda disarankan untuk mendinginkan area yang terluka dengan cara mengalirinya dengan air mengalir. Cara ini bisa menghilangkan rasa sakit. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan HANSAPLAST Salep Luka. Jika Anda terbakar sinar matahari, pakailah baju yang longgar selama beberapa hari dan minumlah banyak cairan agar tubuh tetap terhidrasi.

    Salep Luka Hansaplast

    Anda harus mencari bantuan tenaga medis jika bagian yang terbakar besar atau menunjukkan tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, panas, bengkak, nyeri, gatal atau terbakar. Selain itu, bantuan medis juga diperlukan jika yang terbakar adalah bagian tubuh yang sensitif.

  2. Baca Juga : Jangan Panik Begini Cara Mengetahui Dan Mengatasi Demam Anak

  3. Luka Bakar Tingkat Dua
    Luka bakar tingkat dua bisa saja sangat menyakitkan. Selain itu, luka bakar yang satu ini menyebabkan kerusakan kulit yang serius karena bagian yang rusak termasuk epidermis dan dermis. Area yang terbakar menjadi berwarna merah, bengkak, dan melepuh, serta dapat terinfeksi jika tidak dirawat dengan benar. Luka bakar ini bisa diobati dengan pertolongan pertama. Namun, jika ukurannya besar, kemungkinan besar Anda membutuhkan bantuan tenaga medis.


    Luka bakar tingkat dua ini sedikit lebih serius. Oleh karena itu, Anda membutuhkan perawatan lebih dari sekedar perawatan pada luka bakar tingkat satu. Pertama, dinginkan luka di bawah air mengalir selama 10 hingga 15 menit. Jangan gunakan air es atau air yang terlalu dingin karena ini dapat membuat kerusakan dan menurunkan suhu tubuh. Gunakan HANSAPLAST Spray Antiseptik untuk membersihkan luka bakar dari bakteri agar infeksi bisa dicegah. Setelah itu, keringkan area luka dengan lembut dan oleskan HANSAPLAST Salep Luka untuk mendukung proses penyembuhan. Tutupi luka bakar Anda dengan plester yang sesuai. Jangan mencoba memecahkan lepuh yang mungkin terjadi. Banyak luka bakar tingkat dua sembuh dalam satu atau dua minggu jika tetap bersih dan dirawat dengan baik. Untuk luka bakar yang berada di area tertentu atau ukuran luka bakar besar, Anda disarankan untuk mengunjungi dokter. Apalagi jika muncul tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak, atau nyeri. Anda harus segera ke dokter.

  4. Luka Bakar Tingkat Tiga
    Luka bakar tingkat tiga ini sangat serius karena bisa menyebabkan kerusakan parah pada lapisan kulit yang paling dalam. Luka bakar yang satu ini ditandai dengan luka bakar yang memutih atau hangus. Dan penderita tidak merasakan sensasi apapun di daerah tersebut. Khusus luka ini, Anda butuh bantuan medis.


Baca Juga : 
Jangan Panik Begini Cara Mengetahui Dan Mengatasi Demam Anak