makanan sehat untuk anak

Makanan dan Minuman Paling Mudah Didapatkan untuk Menurunkan Demam

Saat demam, kebanyakan orang akan mencoba untuk menurunkan suhu tubuh dengan cara minum obat. Padahal, mengkonsumsi obat tidak selalu efektif untuk menurunkan demam. Ada cara lain untuk perawatan demam. Bahkan, sangat disarankan untuk selalu mengkonsumsi obat-obatan ketika kurang enak badan.

 

Alasannya sederhana. Ketika terlalu sering minum obat, tubuh akan semakin mengalami ketergantungan dengan obat. Setiap sakit, tubuh akan meminta obat. Tubuh tidak mampu melakukan self-healing atau pengobatan sendiri.

 

Apa yang terjadi? Semakin bertambahnya usia, tubuh akan semakin lemah. Setiap kali terkena penyakit, tubuh butuh obat yang dosisnya harus semakin tinggi.

 

Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Maka dari itu, Anda harus tahu cara perawatan demam yang efektif tanpa harus mengkonsumsi obat. Ada beberapa makanan dan minuman yang sangat membantu menurunkan suhu tubuh. Ini bisa Anda jadikan cara paling awal sebelum Anda mengkonsumsi obat penurun panas.

Kembali ke atas

Makanan dan Minuman Penurun Demam

Lalu, makanan dan minuman apa yang dimaksud? Berikut ini beberapa pilihannya:

  1. Sup Ayam Hangat
    Sudah menjadi hal yang biasa ketika demam sup ayam hangat yang disajikan. Biasanya, saat demam, seseorang merasa pahit di bagian lidah. Nafsu makan juga hilang. Dan sepertinya, sup ayam hangat cukup untuk mengundang nafsu makan agar muncul kembali.

    Ternyata, bukan hanya itu saja manfaatnya. Sup ayam juga mampu membantu menurunkan demam. Kandungan protein yang tinggi pada ayam mampu membuat imun tubuh semakin kuat. Inilah yang kemudian membuat tubuh mampu melakukan self-healing. 

    Demam bisa disebabkan oleh infeksi. Dan jika yang terjadi, yang dibutuhkan sebenarnya penguatan imun. Makanya, menyajikan sup ayam hangat bisa menjadi pilihan terbaik.

  2. Buah Stroberi
    Anda sudah buah stroberi? Beruntung jika Anda suka. Saat Anda sedang demam, ini bisa menjadi buah untuk perawatan demam. Buah ini memiliki kandungan yang disebut dengan senyawa antosianin. Senyawa inilah yang mampu melawan virus yang menjadi penyebab demam.

    Di sisi lain, antosianin ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan cara ini, tubuh akan mampu melakukan pengobatan sendiri. Anda tidak perlu mengkonsumsi obat saat demam.
     
  3. Kelapa Muda
    Ada banyak sekali jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan air kelapa muda. Apakah ini fakta atau mitos?

    Secara ilmiah, ada alasan mengapa air kelapa muda bagus untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Terutama penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Pasalnya, air kepala muda ini mampu menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.

    Tidak itu saja. Air kelapa muda juga merupakan elektrolit alami yang sangat bagus. Elektrolit ini yang akan membantu tubuh selalu dalam kondisi seimbang. Ketika cairan di dalam tubuh seimbang, maka semua organ tubuh lainnya juga bisa bekerja secara maksimal.
     
  4. Madu 
    Ada ribuan manfaat dari madu. Itu sudah tidak terbantahkan. Namun, satu hal yang paling penting dari madu, yaitu perannya dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Inilah yang membuat madu dianggap sebagai obat alami segala penyakit. Tak terkecuali demam.

    Madu ini bisa diberikan kepada siapa saja, bahkan balita sekalipun. Ketika balita Anda demam, jangan terburu-buru membawanya ke dokter. Jangan pula memberikannya obat. Anda bisa coba dulu memberikan madu satu atau dua sendok teh setiap hari.
Nah, kira-kira mana makanan atau minuman yang akan Anda pilih? Yang pasti, perawatan demam tidak selalu harus dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat. Akan lebih baik jika Anda jadikan obat sebagai opsi terakhir jika semua perawatan yang Anda lakukan tidak berhasil.
Kembali ke atas

Perawatan Demam yang Tepat Diperlukan

Makanan dan minuman bisa dikatakan sebagai perawatan saat demam dari dalam. Lalu, bagaimana dengan perawatan dari luar? Perawatan dari luar juga diperlukan agar suhu tubuh cepat turun.

 

Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan? Salah satunya adalah menggunakan pakaian yang nyaman. Saat demam, tubuh Anda sangat panas. Untuk itu, gunakan pakaian yang mampu menyerap keringat dengan cepat. Biarkan keringat keluar. Karena semakin banyak keringat keluar, maka semakin cepat demam akan usia.

 

Selain itu, bantu turunkan panas dengan menggunakan kompres. Ini sangat penting jika suhu tubuh Anda cukup tinggi. Anda bisa buat kompres sendiri dengan menggunakan handuk dan air hangat. 

 

Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa gunakan kompres demam anak dari Hansaplast. Untuk anak-anak, Anda bisa menggunakan Cooling Fever Disney Frozen. Ini cooling fever yang ada karakter Frozen. Untuk anak laki-laki, ada Cooling Fever Marvel Avengers. 

 

Hansaplast Cooling Fever Disney Frozen

Hansaplast Cooling Fever Marvel Avenger

 

Desain yang sangat menarik membuat anak tidak takut ketika Anda tempelkan kompres demam ini di dahinya. Biarkan anak istirahat sehingga perawatan dari luar dan dari dalam bekerja dengan maksimal. Pasalnya, ketika tubuh istirahat total, maka sistem imun tubuh akan semakin fokus untuk mengatasi penyebab demam. 

 

Yang menjadi tantangan ketika anak kecil demam adalah melarang anak untuk bermain untuk sementara waktu. Sebenarnya, Anda tidak perlu melarang, melainkan membatasi. Biarkan anak beraktivitas di dalam rumah. Buat anak aktif sehingga tubuhnya berkeringat. 

 

Di sisi lain, waktu untuk istirahat harus diperbanyak. Jika setiap hari anak hanya tidur dua kali sehari, yaitu di siang dan di malam, Anda bisa minta anak itu tidur 3 kali sehari. 

 

Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara perawatan demam yang tepat? Yang pasti, jangan terlalu sering bergantung pada obat-obatan ya.

 
Kembali ke atas