Saat ini, banyak sekali orang yang terkena diabetes. Dan salah satu perawatan yang harus dilakukan adalah merawat kaki. Ada beberapa alasan mengapa kaki penderita diabetes harus benar-benar dirawat. Yang pasti, kaki seorang penderita diabetes membutuhkan perhatian khusus agar tidak terjadi komplikasi.

 
Kembali ke atas

Mengapa dan Bagaimana Cara Merawat Kaki

Jika Anda mengalami penyakit diabetes, ada tiga alasan mengapa Anda harus memperhatikan kondisi kaki. 

  1. Diabetes Bisa Mempengaruhi Sirkulasi Darah 
    Itu artinya seorang penderita diabetes akan mengalami penurunan sirkulasi darah ke bagian kaki. Dan itu akan mempengaruhi kondisi kulit kaki.

  2. Diabetes Bisa Mempengaruhi Saraf Kaki 
    Saraf kaki juga bisa terpengaruh sehingga ketika Anda berjalan tanpa menggunakan alas kaki bisa saja Anda tidak merasakan sensasi apapun. Tidak adanya sensasi bisa saja terjadi pada lengan dan kaki. Dan itu juga berpengaruh pada produksi keringat. Kaki bisa sangat kering.

  3. Diabetes Membuat Risiko Infeksi Semakin Tinggi 
    Memang ini juga terkait dengan seberapa bagus imun tubuh untuk mengatasi penyakit. Infeksi sangat bisa terjadi terutama ketika gula darah tinggi. Jika tidak segera diantisipasi, diabetes bisa menyebabkan infeksi pada kai dan bisa memicu masalah komplikasi yang serius lainnya.

 

Baca Juga : Mengenal jenis luka bakar dan pertolongan pertama jika mengalaminya


Kembali ke atas

Gunakan Krim yang Anda Suka

Satu hal penting dari sebuah produk krim kaki adalah Anda akan menyukai untuk menggunakan produk tersebut. Jika Anda tidak suka, Anda tidak akan menggunakan krim tersebut meskipun krim tersebut adalah produk krim kaki yang terbaik. Itu artinya krim yang Anda pilih harus mudah digunakan dan ketika digunakan krim tidak terlihat mencolok. Makanya, krim kaki untuk penderita diabetes harus sesuai dengan beberapa syarat. Misalnya, krim harus sesuai dengan rekomendasi dari ahli dermatologi.

 

Baca Juga : Merawat bekas luka begini caranya yang benar


Kembali ke atas

Perawatan yang Direkomendasikan

Sangat penting untuk diketahui oleh para penderita diabetes bahwasanya perawatan kaki itu sangat penting. Mengecek kondisi kaki setiap hari harus menjadi kebiasaan. Ini bisa dilakukan dengan cara mengecek kondisi kaki setiap kali setelah mandi atau saat mau tidur. Berikut ini perawatan yang sangat perlu untuk dilakukan:

  1. Perawatan Intensif untuk Hasil Jangka Panjang
    Menggunakan produk yang tepat yang bisa diaplikasikan setiap hari sangat penting untuk memastikan kaki Anda selalu dalam kondisi yang baik. Misalnya saja Anda bisa gunakan krim pelembab kulit kaki. Krim yang sangat tepat untuk mencegah kapalan atau kulit kering di bagian kaki. Carilah produk krim pelembab yang juga aman digunakan oleh penderita diabetes.

  2. Perhatikan Kaki Anda Setiap Hari
    Sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes untuk merendam kaki dengan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun lembut selama 5 menit setiap hari. Pastikan Anda cek suhu air yang akan digunakan karena biasanya penderita diabetes tidak bisa merasakan suhu air dengan menggunakan kaki. Setelah selesai mandi, pastikan kaki dikeringkan dengan sempurna karena bisa saja air masih berada di sela-sela yang bisa menyebabkan infeksi jamur.

  3. Pastikan Kuku Kaki Anda Rapi dan Bersih
    Penderita diabetes harus rutin menggunting kuku kaki. Bentuk kuku harus sesuai dengan bentuk lengkungan jari kaki. Setelah kuku digunting, gunakan pedicure stick yang terbuat dari kayu untuk merapikan kuku. Anda bisa melakukan ini tepat setelah Anda mandi karena saat itu kuku Anda dalam kondisi lembut.

  4. Tutup Luka di Kaki
    Jika ada luka terbuka di bagian kaki, Anda harus segera tutup dengan menggunakan plester luka anti air HANSAPLAST. Plester ini akan memastikan tidak ada debu, kotoran, ataupun air yang masuk ke dalam luka. Luka harus terus dalam kondisi kering agar tidak terjadi komplikasi.
Itulah beberapa cara mencegah luka pada kaki diabetes. Perawatan sederhana tersebut di atas akan sangat membantu untuk mencegah adanya masalah komplikasi serius lainnya.

 

Baca Juga : Merawat bekas luka begini caranya yang benar


Kembali ke atas