Apa itu luka lecet?

Luka lecet adalah jenis luka di permukaan kulit, yang memengaruhi lapisan epidermis. Biasanya tidak mencapai lapisan dermis atau lapisan yang lebih dalam di bawah epidermis.

 

Luka lecet bisa terjadi dengan mudah, akibat jatuh atau karena gesekan dengan permukaan yang kasar. 

Abrasi

Beberapa penyebab paling umum antara lain kecelakaan sepeda atau kecelakaan yang berhubungan dengan aktivitas luar ruangan lainnya, terutama pada anak-anak.

 

Luka lecet sering terjadi dan bisa menyakitkan tetapi biasanya tidak parah dan mudah diobati.

 

Baca Juga : 5 Penyebab sakit punggung yang ternyata cuma mitor

Kembali ke atas

Bagaimana cara mengobati luka lecet?

  1. Membersihkan

    Luka yang bersih adalah langkah pertama untuk penyembuhan yang optimal. Jika ada perdarahan, hentikan terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan luka lecet dari kotoran, bakteri dan partikel yang terlihat menggunakan Hansaplast Spray Antiseptik untuk mencegah infeksi.

    Spray Antiseptik Hansaplast
  2. Melindungi

    Langkah kedua adalah melindungi luka lecet dari kotoran dan bakteri. Ini dilakukan untuk menjaga agar proses penyembuhan tidak terganggu. Jangan lupa keringkan kulit di sekitarnya dengan lembut dan tutupi luka lecet dengan plester Hansaplast.

    Spray Antiseptik Hansaplast
  3. Menyembuhkan

    Langkah ketiga, cara yang perlu dilakukan untuk mendukung penyembuhan dengan aman, cepat, dan mengurangi risiko jaringan parut yang lebih rendah adalah dengan mengoleskan salep khusus luka lecet. Oleskan Hansaplast Salep Luka secara teratur sampai abrasi benar-benar sembuh

    Spray Antiseptik Hansaplast
Kembali ke atas

Berapa lama luka lecet sembuh?

Waktu penyembuhan lecet berbeda-beda. Tergantung dari ukuran dan tingkat keparahannya. Secara umum, luka lecet membutuhkan waktu beberapa hari untuk sembuh.

 

Jangan melewatkan tahapan perawatan luka yang tepat seperti yang sudah disebutkan sebelumnya untuk membantu penyembuhan luka dengan optimal. Tahapan tersebut juga akan membantu mencegah komplikasi seperti infeksi dan mengurangi risiko jaringan parut.

 
Penyembuhan luka
Kembali ke atas

Luka lecet yang mengalami infeksi

Tanda-tanda khas dari infeksi adalah kemerahan, terasa hangat, nyeri, pembengkakan pada luka dan timbulnya nanah. Selain itu, tanda lain yang mungkin dirasakan adalah munculnya demam.

 

Jika merasa luka lecet telah terinfeksi atau jika proses penyembuhan luka berjalan dengan lambat, silakan berkonsultasi dengan dokter. Untuk mencegah infeksi, pastikan selalu mengambil tindakan cepat dengan membersihkan dan melindungi luka, segera setelah terjadi.

 
Kembali ke atas

Luka lecet dan anak-anak

Luka lecet paling umum terjadi pada anak kecil yang menghabiskan banyak waktu bermain di luar. Cara terbaik untuk mencegah lecet di lutut dan siku pada anak-anak adalah dengan selalu menggunakan bantalan lutut dan siku yang tepat selama bermain skateboard atau aktivitas luar ruangan lainnya yang berisiko tinggi jatuh.

 

 

Abrasi

Bermain sepeda juga menjadi salah satu penyebab paling umum dari terjadinya luka gores dan luka lecet. Tetapi risiko luka bisa dilakukan dengan mengajari anak cara berkendara yang aman.

 

Penting juga untuk memperingatkan anak-anak bahwa kecelakaan bisa kapan saja terjadi. Jika mereka jatuh dari sepeda, untuk menghibur mereka dan membantu mereka untuk kembali bersepeda secepat mungkin, gunakan plester Disney Star Wars atau Disney Frozen dari Hansaplast. Dengan desain menarik, plester Disney Star Wars atau Disney Frozen dari Hansaplast dapat mengembalikan senyum mereka.

Kembali ke atas