Merawat luka dan hubungannya dengan air

Tujuan utama perawatan luka adalah untuk meningkatkan proses penyembuhan agar proses tersebut optimal dan bebas dari masalah, terutama infeksi.

Tapi di saat kamu merawat luka, berhati-hatilah agar luka tidak terkena air. Alasannya, karena air dan kelembaban yang tidak terjaga dapat mempengaruhi penyembuhan luka. Selain itu, air juga berisiko terkontaminasi yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi akibat bakteri.

Misalkan, kamu terluka saat sedang berlibur. Kemudian kamu ingin beraktivitas di air, misalkan berenang bersama keluarga atau teman. Sebaiknya kamu mempertimbangkannya, karena air di kolam renang mungkin mengandung bakteri.

Bakteri tersebut bisa berasal dari mana saja. Salah satunya dari kotoran hewan.  Selain bakteri, kamu juga perlu mempertimbangkan kandungan klorin dalam kolam renang. 

Klorin yang biasa digunakan untuk membersihkan air, dapat mengiritasi luka dan memperlambat proses penyembuhan.

Bagaimana jika ingin berenang di laut? Air laut juga mungkin tidak kondusif untuk penyembuhan luka, karena dipengaruhi resor tepi laut yang mungkin membuang sanitasinya langsung ke laut, membuat air tidak lagi bersih. 

 

Baca Juga : Apa Itu Laserasi Dan Bagaimana Mengobatinya



Kembali ke atas

Adakah solusi untuk melindungi luka tapi tetap bisa beraktivitas di dalam air?

Tidak perlu khawatir, karena Hansaplast selalu siaga memberikan perlindungan terbaik untuk perawatan lukamu. Hansaplast Aqua Protect ideal untuk melindungi kamu saat kontak dengan air, bisa saat berenang atau mandi. 

 

Produk Hansaplast Aqua Protect dibuat 100 persen tahan air, tetap menempel pada kulit dan melindungi luka dengan bantalan yang lembut.

Hansaplast Aqua Protect XL

Sementara untuk luka yang cukup besar, dapat mengandalkan Hansaplast Aqua Protect XL dan XXL. Plester tahan air ekstra besar ini memberikan perlindungan optimal dari air  untuk membantu mengurangi risiko infeksi. Hansaplast Aqua Protect XL dan XXL memberikan perlindungan saat mandi, mencuci dan mandi, dan tetap menempel dengan perekat yang kuat dan dapat diandalkan.

Kembali ke atas

Apakah menggunakan perban dapat melindungi luka dengan optimal?

Carsten Hartkopf, Research & Development Beiersdorf AG mengatakan bahwa tujuan utama penyembuhan luka adalah agar kulit yang terpengaruh dapat sembuh dengan cepat dan tepat tanpa komplikasi lanjut dari faktor eksternal.

 

Perban dapat memberikan perlindungan dari komplikasi dan dapat mendukung penyembuhan tersebut. “Ini adalah satu-satunya cara untuk memastikan perlindungan terbaik dari infeksi dan infeksi adalah ancaman nomor satu dalam proses penyembuhan luka.”

hartkopf
Carsten Hartkopf; Research & Development, Beiersdorf AG
Kembali ke atas

Berapa lama pemakaian perban dapat diandalkan untuk penyembuhan luka?

“Dari awal sampai luka sembuh total,” ungkap Hartkopf. Perban harus diganti setiap hari untuk memeriksa proses penyembuhan sekaligus untuk memantau ada atau tidaknya peradangan atau kelainan lainnya. 

 

Plester modern seperti produk Hansaplast sudah tahan air dan memungkinkan sirkulasi udara terjaga.  Penggunaannya pun sangat mudah, sehingga dapat mendukung proses penyembuhan yang maksimal. 

 

Baca Juga : Bagaimana Cara Merawat Luka Operasi Agar Penyembuhan Berjalan Lancar



Kembali ke atas

Bagaimana memilih plester yang tepat?

Untuk melindungi luka gores atau luka apapun pilih plester yang melindungi sepenuhnya. Plester bukan cuma bisa menjaga kelembaban kulit dengan baik, tetapi juga yang mendukung kulit untuk bernapas dan meregang. “Plester harus digunakan tanpa kerutan atau membuat kulit tertarik berlebihan,” ungkap sang pakar. 

Kembali ke atas

Apakah plester mendukung penyembuhan luka?

Plester memberikan perlindungan penuh, dari awal luka hingga proses penyembuhan selesai. “Plester juga membantu melindungi jaringan kulit dari iritasi fisik, kontaminasi dan infeksi,” ujar Hartkopf.

Kembali ke atas

Merawat luka dan mencegah munculnya bekas luka

Bagaimana mencegah bekas luka dan membantu luka sembuh dengan baik? 

  1. Hal yang terpenting adalah melindungi luka dengan konsisten. Agar luka tidak mengalami infeksi dan meminimalkan risiko komplikasi. 

    pencegahan
  2. Faktor lain adalah istirahat. Selagi istirahat, hindari menyentuh bagian luka, apalagi mencongkel luka yang mulai mengering. Kamu juga perlu menghindari gesekan atau tekanan pada luka. 

  3. Hindari terkena sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan kemerahan dan membuat bekas luka terlihat jelas. Ini juga akan membuat perubahan warna kulit. 

    pencegahan
  4. Sebagai tindakan pencegahan gunakan sarung tangan. Ini penting untuk semua orang yang akan melakukan aktivitas berisiko terjadinya luka, termasuk saat mencuci piring. 

    pencegahan
  5. Berhati-hati saat menggunakan benda tajam dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya saat menggunakan pisau cukur. Bila sudah mulai tumpul, ganti atau kamu akan lebih berisiko tergores karena terlalu memaksakan mata pisau menekan kulit. 

     

    pencegahan
Selalu temui dokter Anda jika luka dalam, berdarah atau menunjukkan tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak atau hangat.
 
Pastikan juga untuk mencari pertolongan medis jika tidak mampu membersihkan luka dengan benar. Jika menderita diabetes, perawatan luka yang tepat sangat penting. Selalu diskusikan masalah apa pun yang ada dengan dokter atau ahlinya, bahkan untuk perawatan luka ringan dan retakan kulit, terutama pada kaki.
 
Harap dicatat bahwa tidak ada tips atau rekomendasi yang disebutkan di atas yang merupakan pengganti nasihat medis. Bacalah dengan cermat instruksi penggunaan yang diberikan dalam paket produk kami.
 
Penting: konsultasikan dengan ahli kesehatan jika kamu meragukan kondisi lukamu. Informasi yang diberikan melalui situs web ini tidak boleh digunakan untuk mendiagnosis atau mengobati masalah kesehatan atau penyakit.
 
Ini bukan pengganti perawatan atau rekomendasi profesional. Jika memiliki atau mencurigai adanya masalah kesehatan, kamu harus berkonsultasi dengan dokter. Jangan pernah mengabaikan rekomendasi medis atau profesional atau menunda mencarinya karena sesuatu yang kamu baca di situs ini.
Kembali ke atas