Banyak yang salah sangka mengenai penggunaan air untuk luka. Banyak dari mereka yang menganggap air justru bisa menyebabkan luka semakin parah. Hingga akhirnya mereka yang terluka tidak mau terkena air. Dengan alasan agar luka semakin kering dan sembuh.


Memang itu bisa dipahami. Namun, bukan berarti air tidak boleh mengenai luka. Ada kondisi justru air sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Untuk itu, ada baiknya Anda ketahui alasan mengapa air bisa memperparah luka. Baru kemudian Anda akan mengerti apa yang seharusnya dilakukan


Baca Juga : Sustainability


Alasan Luka Semakin Parah Jika Terkena Air


Banyak sekali informasi beredar yang menjelaskan bagaimana air bisa memperparah luka yang Anda alami. Dan itu ternyata disebabkan oleh air yang digunakan. Beberapa kasus terjadi di mana luka semakin parah itu disebabkan air yang digunakan tidak higienis. Ada bakteri atau kuman di dalam air. Hal tersebut membuat jelas membuat luka semakin parah. Bakteri atau kuman bisa saja membuat luka infeksi.


Yang sangat membutuhkan perhatian adalah air di kolam renang. Saat Anda terluka, sebaiknya hindari berenang di kolam renang umum. Bisa saja orang lain membawa kuman atau bakteri. Kemudian mikroba tersebut berpindah melalui air kolam renang dan mengenai luka Anda. Ini juga yang bisa menyebabkan luka semakin parah.


Jadi, yang harus diperhatikan adalah air yang digunakan. Faktanya, di beberapa tempat, air yang dihasilkan dari tanah tidak begitu bersih. Ada kandungan bakteri atau mikroba lainnya yang justru membuat luka semakin parah.


Air sebenarnya juga memiliki manfaat untuk luka. Karena bagaimanapun juga, luka harus dibersihkan agar bisa lebih cepat sembuh.


Hal yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Merawat Luka


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, air bisa memberikan dampak yang negatif dan positif pada luka. Air yang bersih yang memberikan dampak positif. Karena air tersebut bisa membersihkan luka sehingga luka bisa lebih cepat sembuhnya.


Untuk itu, merawat luka bisa dilakukan dengan menggunakan air yang bersih dan higienis. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana memastikan air bersih dan higienis?


Baca Juga : Ternyata Rajin Cuci Tangan Bisa Mencegah Demam Lho


membersihkan luka dengan air bersih


Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.


  1. Menggunakan Air Mineral
    Jika Anda tidak yakin kebersihan atau kehigienisan air dari sumur, sebaiknya Anda gunakan air mineral yang Anda bisa beli di minimarket. Karena ini air yang sudah terjamin kehigienisannya. Perusahaan sudah memastikan air tersebut layak dikonsumsi. Itu artinya tidak ada mikroba berbahaya yang bisa membuat luka semakin para

  2. Menggunakan Tambahan Cairan Antiseptik
    Anda bisa gunakan air apa saja. Asalkan terlihat bersih, Anda bisa gunakan air tersebut. Agar Anda lebih yakin, gunakan tambahan cairan antiseptik. Masukkan ke dalam air dan air siap digunakan untuk membersihkan luka.

  3. Air Rebusan Sendiri
    Anda juga bisa gunakan air yang sudah Anda rebus sendiri. Karena dengan merebus air, bisa dipastikan mikroba yang mungkin ada di dalamnya sudah mati. Rebus air lalu diamkan hingga dingin. Baru kemudian Anda bisa gunakan untuk membersihkan luka.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan air yang akan digunakan untuk membersihkan luka benar-benar bersih.


Perawatan Luka Lainnya Diperlukan


Selain membersihkan luka dengan air, ada perawatan lain yang juga perlu Anda lakukan. Apa saja itu?


Yang pertama adalah mengoleskan salep luka. Ini salep yang mengandung kandungan tertentu yang mampu mencegah inflamasi. Jadi, saat Anda terluka, luka tidak mengalami peradangan. Peradangan harus diantisipasi karena ini bisa membuat Anda tidak bisa tidur di malam hari. Karena ketika luka meradang, rasanya sangat sakit.


Selanjutnya, tutup luka dengan plester anti air yang bagus. Pasalnya, jika luka terkena air dan ternyata air tersebut kotor, luka bisa mengalami infeksi. Apalagi jika sedang musim hujan. Penggunaan plester anti air sangat direkomendasikan. Anda bisa gunakan HANSAPLAST Aqua Protect 6 Lembar . Ini plester 100% kedap air. Plester ini melekat sangat kuat meskipun terkena air. Dengan plester ini, luka benar-benar terlindungi dari kuman ataupun air.


Itulah perawatan yang sebaiknya dilakukan. Pada intinya, apapun jenis luka yang Anda alami, luka tersebut harus dilindungi dari hal-hal yang bisa menyebabkan infeksi. Untuk itu, ada 3 hal yang harus dilakukan, yaitu membersihkan, mengobati, dan melindungi. Bersihkan dengan air yang bersih. Obati dengan salep luka. Lindungi dengan menggunakan plester.

 

Baca Juga : Ternyata Rajin Cuci Tangan Bisa Mencegah Demam Lho