Hanya menyebutkan jari yang terjepit pintu atau terhantam palu saat mengerjakan sesuatu, sudah cukup membuat orang yang mendengarnya merasa ngeri. Rasa sakit yang berdenyut pada jari yang cedera sangat tidak menyenangkan.

 

 

Luka gores
Kembali ke atas

Pertolongan pertama yang perlu dilakukan sesegera mungkin

Jika terjepit, anggaplah kamu sudah melepaskan jari dari benda yang menjepitnya. Kemudian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit yang menyiksa antara lain:

  1. Gunakan kompres es untuk mengurangi nyeri dan bengkak. Biarkan es selama 15 menit di area jari yang terjepit, lakukan beberapa kali dalam satu jam selama beberapa jam pertama setelah terjepit atau cedera. Jangan menggunakan es terlalu lama karena dapat menyebabkan radang dingin.

  2. Posisikan dengan tegak. Membiarkan tangan dengan posisi menyamping setelah cedera, hanya akan meningkatkan pembengkakan dan menimbulkan denyut dan rasa tidak nyaman. Pegang dan posisikan dengan tepat untuk mengurangi tekanan di sana.

  3. Tetap gunakan jari yang cedera. Walaupun masih meninggalkan rasa sakit atau bengkak, tapi jangan berhenti menggunakan jari yang cedera. Tetap gerakkan jari, gunakan untuk melakukan hal-hal sederhana. Jika ternyata jari Anda tidak dapat digerakan atau terjadi mati rasa selama beberapa waktu, cobalah untuk konsultasikan ke dokter.

  4. Minum obat pereda nyeri. Obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas dapat membantu menghilangkan nyeri. Karena nyeri dapat membatasi gerak dan juga kegiatan sehari-hari yang membutuhkan keterampilan tangan.
Kembali ke atas

Apa yang sebaiknya tidak dilakukan

Jangan membalut area jari yang terjepit atau bengkak. Membalut jari tangan dan kaki yang cedera dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan saat oksigen dan nutrisi penting tidak dapat mencapai ujungnya. Jika terpaksa ingin menutupnya karena alasan penting lainnya, cobalah Hansaplast Kain Elastis Finger Strip atau Hansaplast Cohesive Rol yang dikenakan dengan longgar.

Kembali ke atas

Apa yang harus dilakukan dalam satu atau dua hari?

Petunjuk pertolongan pertama yang sudah dijelaskan di atas hanyalah awal mula dari langkah-langkah merawat jari terjepit. Setelah satu atau dua hari, darah kemungkinan akan mulai menumpuk di bawah kuku.


Karenanya, kemungkinan akan terlihat perubahan warna kuku. Biasanya akan menjadi biru tua atau hitam dan kamu akan merasakan rasa tidak nyaman, seperti kuku yang tertekan. Inilah yang terjadi jika memar terdapat di ruang kecil di ujung jari. Biarkan tekanan membantu proses penyembuhan dan secara signifikan mengurangi sakit, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukannya.

Kembali ke atas

Kapan harus konsultasi ke dokter?

Dalam kebanyakan kasus jari terjepit, kamu tidak perlu langsung lari ke ruang gawat darurat. Terkadang, jari mungkin patah.

 

 

gambar tangan

Untuk memastikan apakah kondisimu membutuhkan perawatan medis segera atau tidak, coba perhatikan beberapa gejala berikut. Jika menunjukkan gejala-gejala berikut, tidak perlu bertanya lagi, segeralah konsultasikan kondisimu kepada ahlinya:

  • Bentuk jari aneh
  • Mati rasa sebelum meletakkan es di atasnya (terutama jika tidak merasakan denyut)
  • Tanda-tanda infeksi

Terakhir, jika kuku sampai terlepas, jangan panik. Ini memang hal yang menyeramkan, tetapi kemungkinan besar kuku akan tumbuh kembali tanpa masalah. Meskipun akan kembali tumbuh, sebaiknya kamu juga mengunjungi dokter untuk memastikan kondisi kesehatanmu setelah mengalami jari terjepit atau cedera lain yang sejenis.

Kembali ke atas