Leher menjadi salah satu bagian tubuh yang cukup sering alami sakit atau nyeri. Kadang-kadang, keluhan ini disertai pula dengan kaku atau tegang pada leher serta sakit kepala. Mengandalkan Hansaplast Koyo adalah salah satu cara ampuh meredakan sakit leher tersebut.

 

Tapi, sebenarnya apa sih penyebab sakit leher ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak sedikit ulasan tentang beberapa penyebab sakit leher yang umum terjadi berikut ini.


Baca Juga: 8 Tips Keselamatan dan Pertolongan Pertama Anak yang Perlu Diajarkan Sejak Dini

Kembali ke atas

Penyebab Sakit Leher

Struktur leher terdiri dari tulang, otot, saraf, ligamen, pembuluh darah serta rongga tulang belakang. Struktur ini memungkinkan leher untuk bergerak dengan fleksibel, menopang kepala dengan kuat hingga mengalirkan darah dari tubuh ke kepala begitu pun sebaliknya.

 

Namun ketika terjadi cedera, leher bisa mengalami nyeri dan sakit yang membuat seseorang tak nyaman.

Sakit leher

Sebagian orang merasakan nyeri atau sakit leher sesekali waktu. Biasanya penyebab nyeri ini terjadi karena kesalahan gerak leher, postur tubuh yang buruk atau penggunaan yang berlebihan. Cedera akibat jatuh, olahraga, atau whiplash alias cedera leher karena adanya pergerakan tiba-tiba juga bisa menyebabkan leher menjadi nyeri atau sakit.

 

Seperti dilansir dari Healthline, berikut ini bisa menjadi kemungkinan penyebab leher sakit atau nyeri yang bisa diwaspadai:

 

  1. Ketegangan otot
    Otot leher yang tegang bisa jadi penyebab leher sakit atau nyeri. Postur tubuh yang buruk seperti terlalu lama membungkuk, tidur dengan posisi leher yang salah, atau menyentakkan leher secara tiba-tiba adalah beberapa contoh kegiatan yang bisa menyebabkan sakit leher.

  2. Cedera
    Leher adalah salah satu bagian tubuh yang cukup rentan terhadap cedera. Misalnya, kecelakaan saat berkendara, kesalahan postur saat melakukan olahraga atau whiplash menjadi salah satu dari beberapa penyebab yang memungkinkan terjadinya cedera. Jika tulang leher retak, sumsum tulang belakang juga bisa rusak.

  3. Serangan jantung
    Tahukah kamu, bahwa sakit leher bisa menjadi gejala serangan jantung, tetapi seringkali muncul dengan gejala lainnya, seperti sesak napas, berkeringat, mual, muntah hingga nyeri lengan atau rahang.

  4. Fibromyalgia
    Fibromyalgia merupakan suatu kondisi nyeri otot di seluruh tubuh, terutama di daerah leher dan bahu. 

  5. Osteoartritis leher
    Seiring bertambahnya usia, cakram serviks akan berkurang. Kondisi ini dikenal dengan spondylosis atau osteoarthritis leher. Ini dapat mempersempit jarak antara tulang belakang juga menambah tekanan pada area persendian.

  6. Rematik
    Artritis reumatoid atau lebih dikenal dengan rematik juga dapat menyebabkan rasa nyeri leher jika gejala terjadi pada area tersebut. Biasanya, gejala rematik juga disertai dengan pembengkakan pada persendian dan tulang.

 

Baca juga: 5 Fakta yang Perlu Kamu Tahu tentang Koyo

 

Kembali ke atas

Cara Meredakan Leher Sakit

Jika Anda mengalami nyeri atau sakit leher ringan, ada beberapa langkah mudah untuk meredakannya, seperti:

  • Kompres atau tempelkan es pada bagian leher untuk meredakan rasa nyeri ringan.
  • Untuk beberapa hari, jangan lakukan olahraga berat atau segala aktivitas yang dapat memperburuk gejala nyeri leher, ataupun angkat berat.
  • Lakukan latihan leher misalnya dengan cara meregangkan kepala dengan gerakan dari sisi ke sisi dan ke atas dan ke bawah secara perlahan setiap hari.
  • Lakukan pijatan leher lembut.
  • Gunakan bantal khusus leher ketika tidur.

 

Kembali ke atas

Meredakan Sakit Leher dengan Hansaplast Koyo

Selain langkah-langkah tersebut, Anda juga dapat menggunakan Hansaplast Koyo pada bagian leher yang nyeri untuk memberikan rasa hangat dan meredakan nyeri pada leher. Hansaplast Koyo mampu meredakan nyeri tepat pada otot yang sakit dengan kehangatan yang tahan lama. Bahan aktif camphor, menthol dan nonivamide memberikan rasa hangat yang menenangkan dan merangsang sirkulasi darah. Di saat bersamaan, Hansaplast Koyo akan memblokir transmisi sinyal rasa sakit.

Pegal

Bentuk Hansaplast Koyo yang lentur pun sangat ideal untuk digunakan saat aktif berkegiatan. Sensasi hangat yang nyaman di kulit dapat menembus jauh ke dalam otot. Aroma mentholnya yang menenangkan juga dapat melemaskan otot yang tegang akibat nyeri. Koyo nya yang sangat tipis dan dengan warna kulit membuat kamu tidak terlihat seperti menggunakan koyo. Selain itu, Hansaplast Koyo juga dilengkapi teknologi Heat Lock yang menjaga sensasi hangat dan aroma tetap prima. Hansaplast Koyo sendiri dapat meredakan semua jenis pegal dan nyeri secara efektif seperti:

  • Nyeri otot di leher, bahu atau punggung
  • Nyeri sendi
  • Sakit kepala atau sakit gigi
  • Pegal dan linu
  • Hingga kram saat menstruasi

Oleh karena itu, selalu sediakan Hansaplast Koyo dalam kotak obat di rumah sehingga penanganan terhadap nyeri ringan pada tubuh seperti leher atau bagian tubuh lain bisa teratasi dengan cepat dan tepat.


Baca Juga: Penanganan Pertama pada Luka Akibat Pecahan Kaca

Kembali ke atas