Cara mengobati luka bakar

Luka bakar bisa terjadi karena beberapa hal. Meskipun kebanyakan bukan luka yang serius, beberapa jenis luka bakar membutuhkan perhatian medis. Anda harus mengetahui perbedaan-perbedaannya.

Apa itu luka bakar?

Luka bakar adalah kerusakan kulit akibat kontak dengan permukaan panas, api, atau hal lain seperti air mendidih atau paparan sinar matahari yang berlebihan. Luka bakar juga dapat disebabkan oleh paparan arus listrik tingkat tinggi atau bahan kimia. Terdapat beberapa kategori luka bakar berdasarkan tingkat keparahannya, dan setiap kategori memerlukan penanganan tersendiri.

 
Kembali ke atas

Derajat luka bakar

Derajat luka bakar tingkat satu

Derajat luka bakar tingkat satu adalah kerusakan kulit pada lapisan kulit luar saja, dan kulit yang terbakar sinar matahari termasuk ke dalam tingkatan ini. Derajat luka bakar tingkat satu akan terasa menyakitkan, tetapi, dalam beberapa kasus tertentu, luka bakar ini dapat mudah ditangani di rumah. Biasanya, luka bakar ini dikategorisasikan dengan rasa sakit, kemerahan, pembengkakan, dan kulit kering namun tidak melepuh.

 

Derajat luka bakar tingkat dua

Derajat luka bakar tingkat dua dapat terasa sangat menyakitkan dan menyebabkan kerusakan kulit yang lebih serius karena luka bakar sudah mengenai lapisan epidermis dan sebagian dermis di bawahnya. Area yang terbakar akan berwarna merah, bengkak, melepuh, dan bisa terinfeksi jika tidak ditangani dengan baik. Luka bakar ini biasanya dapat ditangani dengan pertolongan pertama, namun, tergantung pada area atau ukurannya, luka bakar pada tingkatan ini juga membutuhkan perhatian medis

Derajat luka bakar tingkat tiga

Derajat luka bakar tingkat tiga sangatlah serius dan dapat menyebabkan kerusakan parah pada lapisan-lapisan kulit yang lebih dalam. Luka bakar ini dikategorisasikan oleh area luka bakar yang memutih atau hangus dan tidak dapat merasakan sensasi apapun pada area itu karena ujung saraf yang rusak. Derajat luka bakar tingkat tiga merupakan keadaan darurat yang memerlukan perhatian medis sesegera mungkin.

Kembali ke atas

Cara menangani luka bakar tingkat satu

Sebagian besar luka bakar tingkat satu tidak begitu serius dan biasanya disebabkan oleh kontak dengan permukaan panas atau air panas. Bentuk luka bakar tingkat satu yang biasa ditemukan adalah kulit terbakar sinar matahari yang disebabkan oleh sinar UV matahari. Biasanya, luka bakar tingkat satu bisa sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan penanganan khusus. Namun, sebaiknya Anda mendinginkan area yang terbakar dengan air mengalir untuk mengurangi rasa sakit dan oleskan Hansaplast Salep Luka. Jika kulit Anda terbakar matahari, kenakan pakaian yang longgar selama beberapa hari dan minum banyak air agar tidak dehidrasi.

Meskipun hanya luka bakar tingkat satu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika area yang terbakar cukup besar atau jika setelah diatasi, luka bakar menunjukkan gejala infeksi seperti kemerahan, panas, bengkak, terasa menyakitkan, gatal, atau terbakar.
Selain itu, perhatian medis juga dibutuhkan jika luka bakar terjadi pada anak-anak, pada bagian tubuh yang sensitif seperti wajah, atau jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran.

 
Kembali ke atas

Cara menangani luka bakar tingkat dua

Luka bakar tingkat dua biasanya lebih serius dan memerlukan tindakan tambahan daripada tingkat satu. Pertama-tama, dinginkan luka dengan air mengalir selama 10 sampai 15 menit. Jangan tempelkan es atau air yang terlalu dingin karena akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah dan suhu tubuh dapat menurun. Gunakan Hansaplast Spray Antiseptik untuk membersihkan luka dari bakteri dan menghindari terjadinya infeksi. Setelah itu, keringkan luka dengan lembut dan oleskan lapisan tipis Hansaplast Salep Luka untuk mempercepat proses penyembuhan, dan tutup luka bakar menggunakan plester untuk melindungi luka dari kotoran. Jangan memencet luka lecet atau melepuh. Kebanyakan luka bakar tingkat dua akan sembuh dalam waktu seminggu atau dua minggu jika selalu dibersihkan dan dirawat. Tergantung tempat dan ukuran luka bakar, sebaiknya kunjungi dokter terutama untuk mencegah bekas luka atau jika Anda menemukan gejala infeksi selama fase penyembuhan, seperti kemerahan, bengkak, atau rasa sakit.

Kembali ke atas

Cara menangani luka bakar tingkat tiga

Untuk luka bakar tingkat tiga, Anda harus segera mencari bantuan medis. 

Kembali ke atas

Mencegah luka bakar di dapur

Memang benar adanya bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati luka bakar, terutama di dapur. Maka dari itu, pastikan Anda selalu:

  1. Menggunakan lap atau sarung tangan oven yang tebal saat mengangkat piring atau peralatan masak panas.
  2. Menjaga agar pegangan wajan di atas kompor tidak berada di dekat tubuh Anda sehingga Anda tidak akan mengenainya saat memasak.
  3. Membuka tutup panci atau wajan dengan menghadap ke arah yang berlawanan dari wajah Anda untuk mencegah hawa panas dari uap air.
  4. Memastikan bahwa peralatan masak yang panas, termasuk lilin dan sumber api lainnya, tidak bisa dijangkau oleh anak-anak.
  5. Ajarkan langkah keamanan dapur yang benar kepada anak-anak.
Kembali ke atas

Cara mengenali luka bakar yang terinfeksi

Sama seperti luka lainnya, luka bakar bisa terinfeksi. Gejala infeksi yang sering muncul adalah: adanya kemerahan di sekitar luka, rasa panas yang abnormal, kambuhnya rasa sakit setelah diredakan, adanya kemerahan dan nanah pada luka. Selain itu, demam juga bisa menjadi gejala terjadinya infeksi. Jika Anda melihat adanya gejala-gejala ini, konsultasikan pada dokter sesegera mungkin.

Selalu kunjungi dokter jika Anda menderita luka dalam, pendarahan hebat, atau menunjukkan gejala infeksi seperti kulit kemerahan, bengkak, atau terasa hangat. Perlu diingat bahwa meskipun telah disusun dengan baik, tips-tips ini tidak bermaksud untuk mengganti saran atau tindakan medis. Jika Anda memiliki atau merasa ada masalah kesehatan, konsultasikan kepada dokter dan ikuti saran medis tanpa mempedulikan apa yang sudah Anda pelajari dari situs web ini. Selalu baca dan ikuti instruksi atau brosur produk kami dengan baik.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui Nomor Bebas Pulsa: 0800-11-64832.
Kembali ke atas