Agar Luka Cepat Sembuh

Hal Pertama yang Perlu Dilakukan Agar Luka Cepat Sembuh

Hai sahabat Hansaplast, apakah kamu tahu apa yang harus dilakukan agar luka cepat sembuh? Sebenarnya, mudah sekali. Hanya saja, terkadang hal yang mudah dan sepele itu tidak terlalu diperhatikan.

 

Kebanyakan orang yang jatuh dan terluka akan langsung meniup bagian yang luka agar rasa perih berkurang. Tentu itu respon yang wajar. Namun, terlalu lama membiarkan luka tersebut terkena udara juga tidak baik. Bukan tidak mungkin, luka tersebut justru akan lebih parah dan sulit untuk disembuhkan. Untuk itu, perlu sekali bagi siapa saja untuk mengetahui tips agar luka tidak semakin parah tapi lebih cepat bisa disembuhkan.

 
Kembali ke atas

Jangan Sepelekan Luka Kecil

Sekalipun kamu jatuh dan mengalami luka yang kecil, tetap saja itu luka. Ada potensi buruk yang bisa terjadi. Bayangkan saja jika ternyata luka yang kecil tersebut menjadi pintu masuknya bakteri. Apalagi jika kamu jatuh di tempat yang kotor dan berpotensi ada kuman atau bakteri. Sekalipun luka itu kecil dan kamu tidak merasa terlalu sakit, tetap saja itu bisa menjadi pintu masuk bakteri. Dan bakteri tersebut akan membuat luka semakin parah.

 

Yang paling dikhawatirkan adalah infeksi. Ini yang terus menerus ditekankan oleh para dokter. Makanya, bagi mereka yang tahu tentang medis, ketika ada orang yang jatuh dan terluka, yang pertama dilakukan adalah membersihkan luka. Ini hal pertama yang paling penting untuk dilakukan untuk mencegah infeksi.

 

Tanda luka yang semakin parah itu mudah dikenali. Terutama jika terjadi pembengkakan disekitar area luka hingga muncul kemerah-merahan, itu tanda luka yang semakin parah. Apalagi jika muncul nanah. Jelas ini bukan luka yang harus disepelekan.

 

Bengkak dan kemerahan pada kulit yang disebabkan kondisi luka sebenarnya biasa terjadi. Bengkak dan kemerahan biasanya muncul pada hari kedua atau ketiga sejak pertama kali terluka. Namun, akan menjadi tidak wajar jika berlangsung hingga berhari-hari dan disertai rasa nyeri yang begitu menyakitkan. Jika ini terjadi, segeralah periksakan ke dokter. 

 
Itulah mengapa penting sekali bagi siapa saja, termasuk kamu yang punya anak kecil, untuk mengetahui bagaimana cara agar luka cepat sembuh. Sekecil apapun luka tersebut, kamu tidak boleh menganggap sepele.
Kembali ke atas

Yang Harus kamu Lakukan Saat Terluka

Lalu, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara agar luka bisa cepat sembuh? Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Cuci Tangan 
    “Kok cuci tangan? Apa hubungannya?” Mungkin ini pula yang ada di benak kamu. Tapi, ada alasan mengapa kamu harus cuci tangan.

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, yang paling dikhawatirkan adalah infeksi pada luka yang disebabkan oleh bakteri. Dalam hal ini, bakteri bisa berasal dari mana saja. Bisa saja dari tempat di mana kamu jatuh. Atau bisa juga bakteri dari tangan kamu yang kotor. 

    Maka dari itu, ketika tangan kamu kotor, jangan sentuh luka. Segera cari air mengalir untuk membersihkan telapak tangan kamu terlebih dahulu. Ini penting untuk memastikan ketika kamu memegang luka, tidak ada bakteri di telapak tangan kamu.

  2. Bersihkan Luka dan Pakai Spray Antiseptik
    Gunakan kain yang bersih seperti kassa steril. Tekan bagian yang terluka dengan kassa steril untuk menghentikan pendarahan serta membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada luka.

    Spray Luka Antiseptik


    Agar area luka lebih steril, gunakan Hansaplast Spray Antiseptik untuk membunuh kuman dan bakteri tak terlihat pada luka. Langkah ini penting untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka. Selain membersihkan luka, Hansaplast Spray Antiseptik juga tidak menimbulkan rasa perih pada luka sehingga.

  3. Gunakan Salep Luka
    Oleskan Hansaplast Salep Luka pada luka untuk membantu proses penyembuhan luka. Selain mempercepat proses penyembuhan, salep luka Hansaplast juga bisa mengurangi resiko bekas luka. Tanpa bau, tidak berwarna, tanpa pengawet dan tanpa zat hewani sehingga aman digunakan untuk bayi.
     
  4. Melindungi Luka

    plester luka elastis
    Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan pelindung luka yang bagus. kamu bisa gunakan perban. Namun, ini agak ribet. Akan lebih baik jika kamu gunakan Plester Hansaplast Kain Elastis. Melindungi bagian tubuh yang terluka itu penting agar bakteri tidak masuk dan menyebabkan infeksi.

    Sekarang, ada banyak sekali pilihan pelindung luka dari Hansaplast. Ada Hansaplast dengan gambar kartun untuk anak-anak. Ada juga Hansaplast Aqua Protect yang bahannya kedap terhadap air. Atau agar penggunaan plester tidak terlalu kelihatan, kamu bisa pilih Plester Hansaplast Transparan. 

  5. Mengaplikasikan Salep atau Krim Luka 
    Agar proses penyembuhan lebih cepat, kamu juga sebaiknya mengaplikasikan salep di bagian luka. Hansaplast kini tidak hanya memiliki produk berupa plester tapi juga salep krim yang bernama Hansaplast Wound Care Ointment. Krim ini mampu menyembuhkan luka 2 kali lebih cepat. Krim ini cocok sekali untuk berbagai jenis kulit, bahkan untuk anak kecil sekalipun. 

    Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat krim ini 100% aman. Ketika kamu mengaplikasikan krim, tidak ada bau yang menyengat.
     
Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar luka cepat sembuh. Tidak ada yang tahu kapan kamu jatuh dan terluka. Maka dari itu, ingat tips tersebut di atas. Terapkan ketika kamu terluka atau orang tercinta kamu terluka. Selalu sediakan plester dan juga krim penyembuh luka di dalam kotak P3K. Jadi, ketika dibutuhkan, kamu bisa langsung gunakan. 

 

Kembali ke atas