Perawatan Luka Agar Cepat Sembuh

Cara Menyembuhkan Luka dengan Menerapkan 3 Langkah Kecil Ini

Semua orang sudah tahu bagaimana cara menyembuhkan luka. Anda pun sudah tahu, bukan? Namun, apakah cara tersebut efektif sehingga membuat luka lebih cepat sembuh?

 

Untuk luka ringan, sebenarnya Anda tidak perlu melakukan banyak hal. Apalagi jika Anda masih muda dan kondisi tubuh Anda sehat. Tidak ada riwayat penyakit yang berbahaya seperti diabetes. Secara otomatis, tubuh Anda akan melakukan proses penyembuhan sendiri.

 

Namun, untuk luka yang cukup lebar, Anda membutuhkan cara untuk menyembuhkan luka. Karena tubuh Anda butuh bantu untuk proses penyembuhan luka seperti itu.

 
Kembali ke atas

Kunci Penting Perawatan Luka

Hampir semua orang melakukan perawatan luka dengan cara menutup luka dengan menggunakan plester. Mungkin itu juga yang selama ini Anda lakukan. Apakah itu langkah yang benar?

 

Sebenarnya, kunci perawatan luka itu ada dua. Yang pertama membersihkan. Dan yang kedua menyembuhkan. Sayangnya, sering kali orang melewatkan hal yang pertama, yaitu membersihkan. Akibatnya, bukannya sembuh, justru luka mengalami infeksi. Hal ini disebabkan mereka fokus pada penyembuhan saja, bukan pada pembersihan. 

 

Menyembuhkan luka akan berakhir sia-sia jika itu tidak diawali dengan proses pembersihan. Anda harus tahu luka mudah sekali terkena infeksi. Infeksi ini bisa dari kotoran atau bakteri yang menempel pada luka.

 

Itulah mengapa ketika Anda jatuh dan terluka, hal yang paling utama dilakukan adalah membersihkan luka. Mungkin ini sangat perih. Namun, ini yang sangat menentukan apakah luka yang Anda alami bisa sembuh dengan cepat atau tidak.

 
Kembali ke atas

3 Langkah Menyembuhkan Luka

Dalam praktiknya, ada tiga langkah penting yang harus Anda lakukan sebagai cara menyembuhkan luka. Apa saja itu?

  1. Bersihkan Luka 
    Hal pertama dan utama yang harus dilakukan adalah membersihkan luka. Dan ini tidak hanya dilakukan sekali tapi setiap hari sampai luka benar-benar sembuh.

    Ketika Anda terjatuh dan terluka, bersihkan luka dengan menggunakan air bersih dan mengalir. Pastikan tidak ada debu atau kotoran apapun yang menempel. Karena jika masih ada debu atau kotoran yang menempel, ini bisa menghambat proses penyembuhan luka.

    Spray Antiseptik Main Benefit


    Apakah itu sudah cukup? Tidak. Setelah membersihkan luka, keringkan lalu semprotkan Hansaplast Spray Antiseptik. Ini yang berperan untuk mematikan bakteri yang mungkin menempel pada luka. Anda harus tahu bakteri ini jika dibiarkan bisa menyebabkan infeksi pada luka.

    Langkah ini harus Anda lakukan terus menerus. Tidak hanya di saat awal ketika Anda terluka. Setiap hari Anda harus bersihkan. Jangan lupa juga semprotkan antibiotik agar tidak infeksi.
     
  2. Lindungi Luka
    Setelah membersihkan, Anda harus memproteksi. Apalagi jika luka terbuka begitu lebar. Proteksi sangat diperlukan agar debu, kotoran, atau bakteri tidak menempel. Karena itu bisa menyebabkan infeksi pada luka.

    Melindungi luka cukup dengan menempelkan plester Hansaplast pada luka. Anda bisa pilih ukuran plester sesuai dengan seberapa lebar luka yang Anda derita. Ada banyak sekali pilihan plester dari Hansapast. 

    Dengan menutup luka dengan plester, Anda bisa pastikan luka tidak terkena sesuatu yang berbahaya. Luka juga tetap dalam kondisi kering walaupun Anda tetap beraktivitas. Ini membuat luka lebih mudah untuk disembuhkan.

    Hansaplast Plester Transaparan


    Jika Anda malu karena plester terlalu terlihat, Anda bisa gunakan plester transparan dari Hansaplast. Plester ini biasanya digunakan untuk menutup luka yang ada di bagian yang terbuka, seperti di leher, lengah, kaki, atau bagian tubuh lain yang tidak tertutupi oleh pakaian. Karena transparan, orang tidak begitu memperhatikan bahwa Anda menggunakan plester. 

  3. Bantu Proses Penyembuhan Luka 
    Anda sudah membersihkan dan memproteksi. Lalu, Anda bisa tenang karena tubuh akan melakukan penyembuhan sendiri. Karena di dalam tubuh Anda, terdapat sistem yang secara otomatis bisa melakukan penyembuhan luka.

    Sale Luka Serbaguna
    Akan tetapi, tidak ada salah jika Anda bantu proses penyembuhan luka tersebut. Caranya dengan mengoleskan salep luka. Oleskan salep luka dari Hansplast agar tidak terjadi peradangan terutama di sekitar luka. Ini juga membantu meringankan luka ketika terasa begitu perih.
Nah, itulah 3 cara menyembuhkan luka yang bisa Anda lakukan. Mudah, bukan?
Kembali ke atas

Hati-Hati Jika Muncul Peradangan

Ada kemungkinan luka yang Anda alami mengalami peradangan. Saat itulah Anda akan merasa perih yang luar biasa. Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

 

Yang pasti, peradangan bisa menjadi tanda bahwa akan terjadi infeksi. Dan ini yang harus diantisipasi. Untuk itu, Anda harus melakukan perawatan yang lebih intensif. Aplikasikan salep luka secara lebih sering. Mungkin Anda bisa aplikasikan di pagi hari dan juga malam hari ketika Anda ingin tidur. Pasalnya, rasa nyeri biasanya sangat terasa di malam hari. 

 

Selain itu, lakukan pembersihan setiap hari. Ganti plester yang lama dengan yang baru. Jika sudah mulai muncul nanah, bersihkan nanah dengan menggunakan kapas. Kemudian bersihkan luka dan semprotkan spray antiseptik pada luka. Tutup luka dengan plester yang baru.

 

Jika perlu, kompres luka dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Ini akan membantu meredakan peradangan yang Anda alami.

 

Nah, itulah cara menyembuhkan luka yang benar. Butuh perhatian khusus dan konsistensi dalam menyembuhkan luka agar cepat sembuh. Jika tidak, luka yang Anda alami bisa saja sulit disembuhkan. Atau bisa juga luka menjadi semakin berbahaya karena cara yang Anda lakukan tidak tepat.

 
Kembali ke atas