Cara Merawat Luka Sayat

Saat menyiapkan makanan, memperbaiki barang atau saat berkebun luka sayat bisa terjadi pada kita. Luka sayat sendiri adalah bukaan pada kulit yang disebabkan oleh benda tajam, seperti pisau, alat kerja atau bahkan selembar kertas. 

 

Luka sayat bisa menembus jauh ke dalam lapisan kulit. Ada yang menyebabkan perdarahan hebat dan dapat meninggalkan bekas luka. 

 
Penanganan Luka Sayat
Kembali ke atas

Bagaimana menghentikan perdarahan?

Beri sedikit tekanan pada luka dengan menggunakan kompres steril atau kain bersih. Sebaiknya jangan menggunakan bahan lain yang bisa menempel pada luka, seperti kapas. 

 

Luka akan berhenti dalam beberapa menit dan bisa diobati di rumah. Tapi jika perdarahan tidak juga berhenti, tetap tekan luka dan cari bantuan medis.

 

Baca Juga : Cara mudah merawat luka gores


Kembali ke atas

Merawat luka dengan 3 langkah mudah

3 langkah mudah menangani luka sayat

1. Membersihkan

Luka yang bersih adalah langkah awal untuk penyembuhan yang optimal. Karena itu yang perlu dilakukan adalah membersihkan luka dari kotoran dan bakteri dengan Hansaplast Spray Antiseptik untuk mencegah infeksi dengan cepat dan tanpa rasa sakit.

 

Keringkan luka dan area sekitarnya dengan lembut. Jika membantu seseorang yang terluka, pastikan sudah mencuci tangan terlebih dahulu dan memakai sarung tangan bedah sekali pakai.

Hansaplast Spray Antiseptik

2. Melindungi

Langkah kedua adalah melindungi luka dari kotoran dan bakteri untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan. Tutupi luka dengan plester atau kasa luka steril. 

 

Jika area yang lebih luas, gunakan perban dan selotip khusus untuk menutupi luka.

Lindungi Luka

3. Menyembuhkan

Langkah ketiga, dapat mendukung penyembuhan luka pada kulit dengan aman, cepat, dan dengan mengurangi risiko terjadinya bekas luka.

 

Oleskan Hansaplast Salep Luka secara teratur sampai luka sayat sembuh total. Salep ini menghasilkan lapisan pelindung yang dapat bernapas dan membantu menyembuhkan luka hingga dua kali lebih cepat daripada luka yang tidak diobati.

 
Hansaplast Salep Luka
Kembali ke atas

Berapa lama luka sayat akan sembuh?

Penyembuhan luka

Kebanyakan luka biasanya sembuh dalam 5 hingga 10 hari. Tetapi waktu penyembuhan tergantung pada banyak faktor, seperti kedalaman potongan, ukurannya, dan usia orang yang terluka.

 

Baca Juga : Cara paling sederhana untuk mengatasi nyeri punggung


Kembali ke atas

Kapan harus ke dokter? Kapan luka perlu dijahit?

Jika perdarahannya parah dan tidak berhenti meskipun diberikan tekanan atau jika luka dalam, besar, atau lebar, kemungkinan luka tersebut perlu dijahit.

 

Tutup dengan perban kasa dan tekan luka yang mengeluarkan darah, kemudian konsultasikan ke dokter secepatnya.

 
Kembali ke atas

Luka yang terinfeksi

Pertanyaan yang sering diajukan

Bagaimana cara mengenali tanda infeksi?

Tanda-tanda umum dari infeksi adalah kemerahan, rasa hangat, nyeri, pembengkakan pada luka dan timbulnya nanah. Selain itu, demam mungkin merupakan tanda adanya infeksi. Jika salah satu dari gejala ini muncul atau jika proses penyembuhan luka terasa lebih lama dari seharusnya, dapatkan bantuan medis.

Bagaimana cara mencegah infeksi luka?

Ikuti ‘Membersihkan. Melindungi. Menyembuhkan.' langkah di atas adalah membersihkan luka dengan baik dan menutupinya selama proses penyembuhan. Juga, ingatlah untuk tidak mencongkel bekas luka yang mulai mengering. Ini bisa membuka kembali luka dan memungkinkan bakteri masuk ke dalam luka.

Bisakah luka kecil terinfeksi?

Bisa. Luka terbuka apapun bisa saja rentan terhadap infeksi jika tidak dirawat dengan baik. Bisa juga terinfeksi jika tidak terlindung dari kotoran dan bakteri baru. Jadi, pastikan untuk merawat setiap ukuran luka dengan baik.

Kembali ke atas

Bagaimana menangani luka anak?

Luka pada anak

Anak-anak bisa sangat khawatir atau cemas saat tidak sengaja melukai diri sendiri. Sebagai orang tua, berikut cara-cara yang bisa dilakukan jika anak-anak mengalami luka kecil, agar anak-anak tidak takut atau cemas dengan lukanya.

  • Meyakinkan. Tetap tenang dan yakinkan anak bahwa semuanya akan baik-baik saja. 
  • Mengalihkan. Alihkan pikiran mereka dari rasa sakit dengan mainan, suguhan, atau hal menarik untuk dilihat. 
  • Buatlah perawatan yang menyenangkan. Misalnya, gunakan plester anak berwarna-warni dengan karakter Disney favorit mereka. 
  • Kurangi rasa sakit. Saat membersihkan luka, gunakan semprotan luka tanpa alkohol atau yodium, agar tidak terasa menyakitkan.
  • Mencegah. Bantu anak-anak menghindari luka dengan membatasi mereka menggunakan gunting dan pisau sesuai dengan usia mereka dan buat aturan atau akses khusus untuk menjangkau benda tajam.

     

Baca Juga : Cara paling sederhana untuk mengatasi nyeri punggung


Kembali ke atas