Apa itu luka?

Luka adalah segala jenis kerusakan atau kerusakan pada permukaan kulit. Luka dapat disebabkan oleh kecelakaan seperti luka bakar, terpotong kertas, robekan kulit atau pembedahan, penyakit yang mendasarinya, atau beberapa kondisi kulit lain yang mungkin berkembang pada luka, misalnya eksim atau psoriasis.

Kembali ke atas

Jenis-jenis luka

Luka dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara tergantung pada waktu penyembuhan dan kebutuhan untuk berkonsultasi dengan Spesialis Perawatan Luka tergantung pada tingkat keparahan luka tertentu. Orang cenderung menderita berbagai jenis luka sepanjang hidup saat melakukan aktivitas sehari-hari. Tergantung pada penyebab, lokasi, dan kedalamannya, luka dapat menyebabkan luka yang sederhana hingga parah. Di sini, kami telah menjelaskan berbagai jenis luka. Mari kita lihat:

  • Terbuka atau Tertutup - Luka bisa terbuka atau tertutup. Luka terbuka adalah luka dengan terbukanya jaringan/organ di bawahnya dan terbuka terhadap lingkungan luar, misalnya luka tembus. Di sisi lain, luka tertutup adalah luka yang terjadi tanpa paparan jaringan dan organ di bawahnya.
  • Akut atau Kronis - Luka dapat diklasifikasikan sebagai akut atau kronis tergantung pada waktu penyembuhan. Luka akut adalah luka yang sembuh tanpa komplikasi dalam waktu yang diperkirakan. Sedangkan luka kronis, di sisi lain, adalah luka yang membutuhkan waktu relatif lama untuk sembuh dengan beberapa komplikasi.

Jenis Luka Kronis

  1. Luka Tekanan - Juga dikenal sebagai luka baring, luka tekan, atau luka dekubitus, luka ini terjadi ketika ada tekanan dan/atau gaya geser pada kulit. Orang-orang yang lebih rentan terhadap luka kronis ini memiliki mobilitas terbatas karena penyakit medis atau tidak dapat berjalan, menggerakkan seluruh atau sebagian tubuh mereka ke posisi yang berbeda.
  2. Ulkus Diabetik - Bisul ini umumnya terjadi pada kaki dan merupakan akibat dari perubahan saraf dan sirkulasi dalam tubuh yang disebabkan oleh diabetes. Ini termasuk Neuropatik, Iskemik, dan Neuro-iskemik.

 

  • Bersih atau Terkontaminasi - Luka juga dapat diklasifikasikan berdasarkan apakah bersih atau terkontaminasi. Luka bersih adalah luka yang tidak mengandung benda asing atau kotoran di dalamnya sedangkan luka terkontaminasi atau luka terinfeksi adalah luka yang mungkin memiliki kotoran, bakteri, atau pasar luar negeri lainnya. Luka tekan dapat digunakan sebagai contoh luka terbuka atau tertutup tergantung pada stadiumnya saat ini.

     

  • Internal atau Eksternal - Luka juga bisa internal atau eksternal. Luka internal dapat disebabkan oleh gangguan sirkulasi, fungsi sistem saraf, neuropati atau penyakit medis, atau penurunan suplai darah, oksigen, atau nutrisi lain, sedangkan luka eksternal dapat disebabkan oleh kekuatan luar atau trauma yang disebabkan oleh benda tembus atau non-penetrasi. trauma.

 

Luka Non-penetrasi: Luka ini adalah hasil dari trauma tumpul atau gesekan dengan permukaan lain. Itu termasuk:

  • Lecet
  • Laserasi
  • Memar
  • Gegar otak

 

Luka tembus: Mereka adalah hasil dari trauma dan menembus seluruh ketebalan kulit. Itu termasuk:

  • Luka tusuk
  • Potongan
  • Luka operasi dll.

 

Setiap jenis luka memiliki pendekatan dan metode pengobatan yang berbeda. Luka ringan dapat diobati oleh praktisi medis biasa tetapi jika Anda melihat tanda-tanda infeksi, Anda perlu menghubungi Spesialis Perawatan Luka .

Kembali ke atas