Cegah Kaki Kapalan

Penyebab Kapalan dan Bagaimana Cara Penanganannya

Penyebab Kapalan dan Bagaimana Cara Penanganannya

Apakah penyebab munculnya kapalan di kaki dan bagaimana cara mengatasi kapalan? Hampir semua orang memiliki kapalan di kaki mereka. Masalah ini bisa saja muncul kembali sewaktu-waktu dan menyebabkan masalah tertentu terutama ketika musim kemarau tiba. Kali ini, akan dibahas mengenai bagaimana kapalan itu terjadi, bagaimana mencegah, serta apa yang perlu dilakukan untuk menghilangkannya.

Kembali ke atas

Apa itu Kapalan?

Kapalan adalah bagian kulit terluar yang mengeras yang biasanya berwarna kekuning-kuningan. Biasanya, kapalan ini muncul di kaki meskipun tidak menutup kemungkinan kapalan juga terjadi di tangan dan jari. Yang paling sering terjadi adalah di bagian kaki. Biasanya, kapalan muncul di bagian telapak kaki dan tumit. Saat kapalan, rasa sakit hampir tidak terasa. Namun, penanganan diperlukan agar tidak terjadi masalah kulit yang lebih serius lain seperti kulit pecah-pecah.

 
Kembali ke atas

Apa Faktor Penyebab Kapalan?

Kapalan itu terjadi ketika kaki terus menerus terkena tekanan dan juga gesekan. Kaki kita memiliki tiga lapis; epidermis, dermis, dan subcutis. Lapisan paling luar dari epidermis dikenal dengan nama stratum corneum atau horny layer. Lapisan ini terbentuk dari sel terpojok atau corneocytes dan lipid epidermal. Ketika kaki mengalami tekanan dan gesekan, epidermis melakukan perannya untuk memberikan perlindungan dengan cara melakukan menebalkan stratum korneum dengan lapisan kulit yang mengeras dan kapalan. Dalam dunia medis, proses penebalan ini disebut dengan hiperkeratosis.

 

Orang dengan kulit kering lebih rentan terhadap mengalami kapalan di kaki. Dan fakta menunjukkan bahwa semua kulit mengering seiring muncul karena bertambahnya usia. Artinya, kita cenderung lebih mudah mendapatkan masalah kapalan karena pertambahan usia. Begitu juga dengan masalah kulit lain selain kapalan. 

 
Kembali ke atas

Bagaimana Cara Mencegah Kapalan di Kaki?

Perawatan kaki yang tepat akan sangat membantu untuk mencegah kapalan. Kami merekomendasikan Anda untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Pilih sepatu yang pas yang tidak terlalu sempit sehingga bisa kaki tidak terlalu tertekan atau terkena gesekan secara berlebihan.

  • Gunakan Hansaplast Foot Plaster yang berguna untuk mencegah gesekan kulit kaki dengan sepatu. Namun jika sudah terlanjur terjadi kapalan atau lecet, Hansaplast Foot Plaster juga tetap berguna untuk menjaga agar tidak terjadi luka yang lebih parah.
 
Kembali ke atas

Perawatan Rutin untuk Kaki Kapalan

Berikut ini tiga langkah sederhana untuk melembutkan kulit kaki yang mengeras serta menghilangkan kapalan. Lalukan cara berikut ini terus menerus:

  • Merendam Kaki 
    Rendam kaki Anda selama 15 hingga 20 menit ke dalam air hangat untuk melembutkan area kulit yang mengeras. Gunakan pembersih yang lembut untuk membersihkan kulit tanpa membuatnya kering. Tepuk-tepuk kaki Anda hingga kering.
  • Exfoliate 
    Gosok bagian kaki Anda yang mengeras atau kapalan dengan batu apung untuk membuat kulit keras pada kapalan menjadi lebih lunak. Langkah ini mirip seperti melakukan eksfoliasi kulit.
  • Melembabkan 
    Lembabkan kaki Anda dua kali sehari dengan mengoleskan krim pelembab. Setelah kapalan berhasil dihilangkan, basahi kaki dua kali sehari.
 
Kembali ke atas