Meskipun kita tidak berharap, tetapi anak-anak sangat mungkin terluka. Baik itu luka kecil atau cedera yang lebih serius. Ada baiknya Anda memiliki perlengkapan pertolongan pertama yang lengkap dan mengetahui cara-cara untuk menggunakan perlengkapan pertolongan pertama tersebut.

 
Kembali ke atas

Cedera Umum pada Bayi dan Anak

Begitu anak kita aktif bergerak, mereka bisa saja secara tidak sengaja terluka. Baik itu karena terjatuh atau siku yang terbentur, itu adalah hal yang wajar. Beberapa luka ringan bisa diatasi dengan plester dan pelukan. Tetapi kadang-kadang orang tua perlu melakukan perawatan lebih dan di situlah kotak Pertolongan pertama yang baik akan sangat membantu.

 

Baca Juga : Perlindungan Yang Fleksibel Dan Tahan Lama Dari Plester Kain Elastis Hansaplast

Mari kita lihat beberapa luka yang paling umum dan cara mengobatinya:

  1. Luka sayat dan goresan

    Jika ada perdarahan, tekan area luka dengan Hansaplast Kasa Steril selama 15 menit atau sampai perdarahan berhenti. Bersihkan area luka dengan Hansaplast Spray Antiseptik dari kotoran dan bakteri serta mencegah infeksi pada luka tanpa rasa sakit dan perih. Jika luka terasa kering, kamu bisa mengoleskan Hansaplast Salep Luka, yang dapat membantu proses penyembuhan pada luka 2x lebih cepat* dan mengurangi bekas luka untuk luka baru. Setelah itu, tutupi dan lindungi luka dengan Hansaplast Plester Luka.

    *dibandingkan dengan luka yang tidak dirawat dengan tepat


  2. Luka bakar

    Segera letakkan area yang terluka di bawah air yang mengalir atau gunakan Hansaplast Spray Antiseptik untuk membersihkan luka dari kotoran dan bakteri serta mencegah infeksi pada luka tanpa rasa sakit dan perih. Pastikan setiap lecet kecil ditutup dengan Hansaplast Plester Luka atau Hansaplast Kasa Rol Elastis yang memungkinkan. Jika ada lepuhan di kulit, jangan dipecahkan dan jangan melakukan apapun pada area tersebut. Kemudian, kamu bisa mengoleskan Hansaplast Salep Luka untuk membantu proses penyembuhan pada luka.

  3. Mimisan

    Jangan posisikan kepala anak bersandar ke belakang. Justru minta mereka mencondongkan tubuh ke depan, selama 5 hingga 10 menit sambil menunggu perdarahan berhenti. Jika mimisan disebabkan oleh trauma, kompres es yang menempel di batang hidung dapat membantu mengurangi pembengkakan.

  4. Luka lecet akibat serpihan kayu atau sejenisnya

    Bersihkan luka lecet dengan air Hansaplast Spray Antiseptik dari kotoran dan bakteri serta mencegah infeksi pada luka tanpa rasa sakit dan perih. Jika ada serpihan di area luka, gunakan penjepit yang telah disterilkan untuk membersihkannya. Jangan terburu-buru karena dapat membuat serpihan semakin lebih jauh masuk ke dalam kulit atau membuat sebagian serpihan tertinggal di luka. Setelah satu hari atau lebih, serpihan mungkin keluar dengan sendirinya. Dalam hal ini, menggunakan Hansaplast Plester Luka untuk perlindungan sementara adalah pilihan terbaik.

  5. Gigitan dan sengatan serangga

    Sungut serangga yang tersisa di kulit dapat dihilangkan dengan kuku jari atau sejenisnya. Penggunaan penjepit harus dihindari, karena dapat membuat racun keluar dan masuk lebih banyak ke dalam kulit. Mengoleskan krim seperti calamine lotion, akan meredakan bengkak dan gatal-gatal yang ditimbulkan dari sengatan tersebut.

Kembali ke atas

Perlengkapan Pertolongan Pertama

Untuk mengobati semua cedera umum, kotak Pertolongan pertama di rumah harus dilengkapi dengan barang-barang berikut:

  • Hansaplast Spray Antiseptik, cairan antiseptik yang dapat digunakan untuk membersihkan luka dari kotoran dan bakteri serta mencegah infeksi pada luka tanpa rasa sakit dan perih. Formula Hansaplast Spray Antiseptik mengandung 0,04% PHMB dan 0.1% Decyl Glucoside Tenside dalam larutan Ringer sehingga efektif melawan kuman dan bakteri (termasuk MRSA), sangat ramah di kulit, serta mendukung penyembuhan luka. Hansaplast Spray Antiseptik juga tidak mengandung alkohol dan iodine, sehingga tidak akan merusak jaringan kulit yang sehat dan tidak memberikan sensasi terbakar, perih, maupun membuat kulit kering. Inilah alasan Hansaplast Spray Antiseptik cocok untuk anak-anak dan kulit sensitif. Selain itu, tampilan Hansaplast Spray Antiseptik jernih, tidak berwarna, tidak berbau, dan mudah dibawa kemana saja.

  • Hansaplast Salep Luka, yang dapat membantu proses penyembuhan luka 2x lebih cepat* dan mengurangi bekas luka untuk luka baru. Kamu dapat menggunakan Hansaplast Salep Luka pada setiap tahap penyembuhan luka.

    *dibandingkan dengan luka yang tidak dirawat dengan tepat.

  • Hansaplast Plester Luka, tersedia berbagai ukuran untuk melindungi luka. Menutupi area luka dengan Hansaplast Plester Luka dengan Bacteria Shield berguna untuk melindungi luka dari kotoran dan bakteri yang berpotensi sebabkan infeksi dan iritasi. Dengan kain yang lentur dan berpori dapat membuat kulit leluasa bernapas serta dapat mengikuti pergerakan Anda untuk pemakaian yang nyaman. Selain itu, Hansaplast Plester Luka memiliki bantalan luka yang tidak lengket sehingga plester dapat dilepaskan dengan mudah dan tidak sakit.

  • Hansaplast Kasa Steril, yakni kompres kasa steril berkualitas tinggi untuk membersihkan dan melindungi luka berukuran sedang hingga besar. Daya serapnya yang tinggi cocok untuk luka mengeluarkan darah seperti luka sayat dan luka robek. Hansaplast Kasa Steril menjaga luka tetap terlindungi dari kotoran, bakteri, dan tekanan. Kasa steril ini memberikan bantalan ekstra yang membuatnya sangat cocok untuk luka yang sakit dan sensitif terhadap tekanan seperti luka bakar dan luka gores.

  • Hansaplast Kasa Rol Elastis, digunakan untuk membalut kasa steril. Hansaplast Kasa Rol Elastis adalah perban berkualitas tinggi yang mudah digunakan untuk fiksasi Kasa Steril dan bantalan luka. Bahan yang sangat fleksibel dan ringan membuat Hansaplast Kasa Rol Elastis mudah diaplikasikan dan nyaman digunakan. Campuran polyester lembut dan viscose hidrofilik menyerap kelembapan dengan baik untuk mencegah kulit berkeringat dan gatal. Struktur anyaman nya yang terbuka memungkinkan luka untuk bernapas. Selain itu, Hansaplast Kasa Rol Elastis sangat ramah kulit dan lembut bahkan untuk kulit sensitif.

  • Hansaplast Rol Kain, untuk merekatkan kasa steril atau kasa rol elastis. Kain rayon Hansaplast Rol Kain membuat kulit leluasa bernapas dan mengikuti pergerakan tubuhmu demi kenyamanan yang maksimal. Perekat berbahan dasar zinc oxide caoutchouc menjamin rekatan yang kuat, lama, dan tahan air. Hansaplast Rol Kain juga dapat dirobek dengan mudah menggunakan tangan.

  • Hansaplast Cohesive Rol, perban berperekat untuk mengamankan Kasa Steril dan bantalan luka dengan kuat. Hansaplast Cohesive Rol adalah perban yang memiliki bahan yang elastis dan fleksibel sehingga nyaman digunakan untuk seluruh bagian tubuh yang bergerak seperti lengan dan kaki. Memberikan kompresi, elastisitas, dan dukungan, kamu juga dapat menggunakan Hansaplast Cohesive Rol untuk mengobati cedera pada persendian. Selain memberikan daya rekat yang aman, Hansaplast Cohesive Rol juga berpori, tahan air, dan mudah dirobek dengan tangan.

  • Sarung Tangan Latex, melindungi dari risiko penularan penyakit.
 
  • Hansaplast Kompres Demam:

    1. Teknologi Advanced Hydro-Gel yang memberikan kesejukan hingga 8 jam untuk membantu meredakan demam.

    2. Dengan kandungan Eucalyptus Oil untuk membantu anak sehingga dapat bernafas lega.

    3. Relaxing Aromatics Complex membantu anak untuk dapat tidur nyaman.

 

Pernahkan mencoba mencari tahu tentang pertolongan pertama yang sederhana? Mengetahui cara merawat cedera berarti akan lebih cepat dan lebih efektif dalam keadaan darurat.


Selalu temui dokter jika mengalami luka dalam, perdarahan yang tak kunjung berhenti, atau menunjukkan tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak atau munculnya nanah dan cairan dari luka. Pastikan juga untuk mencari pertolongan medis jika kamu merasa tidak mampu membersihkan luka dengan benar.


Jika menderita diabetes, perawatan luka yang tepat sangat penting. Selalu konsultasikan masalah apa pun yang mungkin terjadi pada dokter dan/atau ahlinya, bahkan untuk perawatan luka ringan dan retakan kulit, terutama pada bagian kaki.

 

Harap dicatat bahwa bahwa informasi di atas tidak dapat menggantikan nasihat atau rekomendasi medis. Bacalah dengan cermat instruksi penggunaan yang diberikan dalam paket produk kami. Penting: konsultasikan dengan ahli kesehatan jika ada keraguan pada perawatan luka dengan benar.


Informasi yang diberikan melalui situs web ini tidak boleh digunakan untuk mendiagnosis atau mengobati masalah kesehatan atau penyakit. Informasi ini bukan pengganti perawatan atau rekomendasi profesional. Jika memiliki atau mencurigai adanya masalah kesehatan, segera konsultasikan dengan dokter atau petugas medis. Jangan pernah mengabaikan nasihat medis profesional atau menunda mencari bantuan medis karena informasi yang kami berikan.

 

Baca Juga : Pertolongan Pertama Saat Mengalami Luka Ringan Di Rumah


Kembali ke atas