Seringkali, orang menyepelekan luka. Apalagi jika luka tersebut bukan luka yang parah. Luka yang sangat kecil dan bahkan darah tidak keluar terlalu banyak. Kemudian orang membiarkan luka tersebut begitu saja.

Di sisi lain, ada juga yang tidak terlalu peduli. Jika terluka, luka tersebut langsung dibersihkan dengan air dan ditutup dengan kain kasa. Tidak ada penanganan lainnya selain hanya di awal itu saja.

Maka tidak heran banyak sekali kasus luka yang mengalami infeksi. Dan luka tersebut bisa saja bukan luka berbahaya, melainkan luka biasa seperti luka jatuh, terkena pisau, dan lain sebagainya. Hanya saja, karena penanganan yang salah, luka sekecil apapun bisa berakibat fatal.

Baca Juga : Ruam Popok Bayi Apa Yang Harus Diketahui Oleh Orang Tua


Pada intinya, luka itu harus dirawat. Jangan biarkan luka terbuka. Makanya, sangat penting bagi Anda untuk menutup luka dengan plester. Tujuannya ada dua. Yang pertama, agar luka kering. Yang kedua, agar tidak ada bakteri atau kuman yang menempel pada luka.

Bagaimana Cara Menjaga Luka Tetap Kering

Lalu, bagaimana cara agar luka kering? Sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu menggunakan plester yang tepat. Dalam hal ini, Anda harus tahu tidak semua plester mampu

mencegah luka selalu dalam kondisi kering. Misalnya saja Anda jalan dan luka terkena air hujan karena pada waktu itu sedang turun hujan. Plester luka biasa tidak mampu mencegah luka agar terus kering. Air hujan sangat mungkin meresap ke dalam luka.

Apalagi jika Anda suka sekali berenang. Ketika Anda terluka, sebaiknya tutup luka dengan plester luka anti air dari HANSAPLAST. Plester ini terbuat dari bahan yang tidak bisa ditembus dengan air. Ini plester yang tepat Anda gunakan jika potensi luka terkena air sangat tinggi.

Anda tidak perlu khawatir dengan plester anti air ini. Meskipun anti air, luka tetap bisa bernafas. Plester juga sangat fleksibel sehingga ketika luka ditutup dengan plester, Anda sama sekali tidak kekurangan rasa kenyamanan. Kegiatan sehari-hari tidak akan terganggu.

Salah satu hal yang membuat luka sulit disembuhkan adalah ketika luka terbuka. Bukan hanya kuman atau bakteri saja yang bisa menempel dan menginfeksi. Luka yang terbuka bisa terkena air. Semakin sering terkena air, luka semakin sulit untuk disembuhkan. Jaringan kulit yang rusak sulit melakukan perbaikan sendiri.

Baca Juga : Ruam Popok Bikin Bayi Tidak Bisa Tidur Ikuti Tips Berikut Ini


Perawatan Luka yang Tepat Wajib Dilakukan

Apapun luka yang Anda alami, mulai sekarang Anda harus tangani luka tersebut dengan tepat. Untuk luka-luka ringan yang tidak perlu bantuan tenaga medis, berikut ini perawatan yang perlu Anda lakukan:

 

  1. Hentikan Pendarahan
    Ada banyak sekali jenis luka. Ada luka karena sayatan pisau. Biasanya, luka ini dalam sehingga pendarahan sangat mungkin terjadi. Namun, ada juga luka baret atau abrasi. Ini jenis luka yang tidak banyak pendarahan keluar. Namun, meskipun pendarahan sangat sedikit, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghentikan pendarahan dengan cara menekan bagian yang terluka dengan menggunakan kain yang bersih. Lakukan beberapa menit hingga darah benar-benar berhenti keluar.

  2. Bersihkan Luka
    Langkah yang kedua adalah membersihkan luka. Setelah darah tidak lagi keluar, segera bersihkan luka. Jangan sampai masih ada kotoran atau bahkan bakteri pada luka. Karena kotoran atau bakteri tersebut bisa menginfeksi. Dan luka yang Anda alami semakin lama dan sulit disembuhkan.

    Membersihkan luka sangat mudah. Guyur luka dengan air mengalir. Pastikan air bersih yang Anda gunakan. Anda tidak perlu tambahkan apapun. Anda tidak perlu campurkan air dengan sabun. Yang terpenting, bersihkan dengan menggunakan air bersih.

  3. Keringkan
    Pada intinya, luka harus terus dalam kondisi kering. Karena inilah yang menjadikan proses penyembuhan bisa berjalan dengan lancar. Maka dari itu, segera setelah Anda membersihkan luka, keringkan dengan menggunakan handuk bersih. Tepuk-tepuk hingga luka tidak lagi basah atau lembab.

  4. Tutup dengan Plester
    Ini langkah penting selanjutnya, yaitu menutup luka dengan plester. Gunakan HANSAPLAST Aqua Protect yang anti air. Dengan plester ini, Anda bisa pastikan luka tidak akan terkena air meskipun Anda mandi ataupun berenang.

Setelah mengetahui informasi ini, semoga Anda tidak lagi menganggap sepele luka yang Anda alami. Apapun luka, Anda harus lakukan perawatan yang tepat. Jangan sampai Anda menyesal karena luka yang sebenarnya kecil ternyata terkena infeksi. Akibatnya, Anda harus mendapatkan perawatan khusus dari tenaga medis.

 

Baca Juga : Ruam Popok Bikin Bayi Tidak Bisa Tidur Ikuti Tips Berikut Ini